PKB Tanggalkan Nama dan Gambar Gus Dur

Tidak ada komentar 383 views

Surabaya, (DOC) – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memutuskan tidak menggunakan nama serta gambar mendiang KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) untuk kepentingan politik. Ini disampaikan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.
“Sudah diputuskan, kami tidak akan menggunakan nama dan foto Gus Dur. Sebagai gantinya, caleg PKB bisa memasang gambar saya sebagai ketua umum. Ini tidak beda dengan caleg Partai Demokrat yang memasang gambar pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono),” kata Muhaimin Iskandar seusai menghadiri pengajian dalam rangka Haul Akbar ke-4 Gus Dur, di Ponpes Baitunna’im Jalan Kedung Pengkol V Surabaya, yang berakhir kemarin dini hari.
Kendati demikian, Muhaimin yang juga keponakan Gus Dur ini menegaskan, sebenarnya pencantuman nama dan foto Gus Dur bisa dilakukan siapa saja. Ini karena Gus Dur telah menjadi milik bersama.
Karena tak menginginkan adanya polemik, terutama dari keluarga Gus Dur, akhirnya DPP PKB memutuskan tidak memakai lagi nama dan foto bapak pluralisme itu untuk kepentingan politik.
Pada kesempatan tersebut, Cak Imin–sapaan Muhaimin– juga menegaskan bahwa pencalonan Rhoma Irama sebagai calon presiden (Capres) yang diusung PKB belum bersifat final.
“Kami masih perlu melihat, laku mana antara Rhoma Irama dan Pak Mahfud MD. Nanti akan dievaluasi, seperti apa respon masyarakat,” pungkas Muhaimin seraya memasuki mobil.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, keluarga Gus Dur menuding pencatutan nama serta foto Gus Dur dalam alat peraga caleg PKB adalah tindakan ilegal, bentuk pencurian. Ini dikatakan langsung Ny Sinta Nuriyah, janda Gus Dur ketika menjadi salah satu pemateri pembekalan caleg perempuan Partai Nasdem se Jatim, di Surabaya belum lama ini.
Pernyataan Sinta Nuriyah ini menyikapi banyaknya alat peraga kampanye caleg PKB yang mencantumkan foto Gus Dur. Bahkan ada caleg yang mengklaim sebagai penerus perjuangan Gus Dur.
Sekjen DPP PKB Imam Nachrowi adalah salah satunya, yang balihonya mencantumkan foto serta nama Gus Dur. Imam Nachrowi adalah caleg PKB untuk DPR RI dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo).
Pantauan di lapangan menunjukkan, banyak baliho Imam Nachrowi yang pada bagian gambar Gus Dur dan nama Gus Dur berlubang karena sengaja dihilangkan. (r4)