PKB Usulkan Resolusi Jihad Jadi Hari Besar Nasional

 Featured, Nasional

Gus Na’im bersama Lukman Hakim saat di pameran foto Royal Plaza.

Surabaya, (DOC) – Penghargaan bangsa ini terhadap jerih payah kiai dalam kiprahnya di perjuangan bangsa, masih kurang. Buktinya, Resolusi Jihad yang menjadi pencetus semangat pengorbanan dan perjuangan pahlawan pada peristiwa 10 Nopember 1945, tak pernah tercatatkan dalam sejarah bangsa. Bahkan ada kesan politis, jika fatwa kiai yang membakar emosi pejuang, sengaja dihilangkan.

Namun kini, perjuangan untuk mencatatkan Resolusi Jihad itu sudah dikobarkan sejak 2011. Tujuannya tak lain adalah ingin memasukan jerih payah para kiai itu dalam catatan sejarah bangsa ini. Tak patut jika bangsa yang besar ini melupakan sejarah perjuangan para pahlawannya termasuk jerih payah para kiai.

Untuk itu, DPC PKB Surabaya mendesak pemerintah agar Resolusi Jihad yang dikeluarkan sejumlah ulama pada 22 Oktober 1945, menjadi hari besar nasional dan harus diperingati setiap tahun.

Ini disampaikan Ketua Caretaker DPC PKB Surabaya, Lukman Hakim. Menurutnya, Resolusi Jihad sudah semestinya menjadi hari besar nasional lantaran peristiwa tersebut sangat berpengaruh terhadap proses kemerdekaan Bangsa Indonesia. Peristiwa Resolusi Jihad harus terus digaungkan agar generasi penerus bangsa ini tidak kehilangan sejarah sesungguhnya.

”Untuk mengenangnya, salah satunya dengan mendesak pemerintah menetapkan Resolusi Jihad sebagai hari besar nasional,” kata Lukman, saat berkunjung ke lokasi ‘Pameran Foto Dibalik Pertempuran Arek-arek Surabaya’ yang digelar di Royal Plaza, Jl A Yani.

Hal yang sama juga disuarakan Wakil Ketua Caretaker DPC PKB Surabaya KH Muhammad Na’im Ridwan (Gus Na’im). Menurutnya, desakan warga, khususnya warga NU salah satunya agar Resolusi Jihad diperingati menjadi hari besar nasional. Warga Nahdliyin banyak yang menjadi saksi sejarah Resolusi Jihad tersebut. Dia juga meminta warga NU untuk selalu gigih menggaungkan Resolusi Jihad kepada masyarakat, terutama dari masjid ke masjid. (r3/r4)