PM Thailand Usul Pertemuan Dengan Lawan Politiknya

Bangkok, (DOC) – Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, mengusulkan pertemuan dengan lawan-lawannya untuk membahas penundaan pemilihan umum bulan depan.
Pemerintah sudah mengerahkan 18.000 aparat untuk mengamankan situasi. Mereka menuduh pemerintahan Yingluck dikendalikan oleh abangnya, mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, yang digulingkan militer Thailand pada tahun 2006 dan saat ini mengasingkan diri di luar negeri.
Dilaporkan, tawaran Yingluck kemungkinan tidak akan memuaskan para pengunjuk rasa, yang menginginkan pembentukan dewan rakyat untuk menjalankan pemerintahan dan menempuh perubahan politik sebelum pemilihan umum. Partai yang mendukung Thaksin meraih dukungan kuat di kawasan pedesaan dan meraih kemenangan dalam empat pemilihan terakhir.
Namun pengunjuk rasa menuduh pendekatan populis dari partai yang memiliki kaitan Thaksin telah menyebabkan demokrasi yang cacat. Pengunjuk rasa menginginkan pembentukan dewan rakyat sebagai pemerintahan sementara. Partai oposisi utama sudah menyatakan akan memboikot pemilihan umum dini pada 2 Februari.
Sedikitnya delapan orang tewas sejak aksi protes antipemerintah dimulai akhir tahun lalu. (bbc/r4)