D-ONENEWS.COM

PMK Surabaya Dapat Penghargaan

mobil_pmkSurabaya,(DOC)Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya meraih  penghargaan kategori Respon Time dari Kementrian Dalam Negeri. Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Surabaya Pusat, Ari Subekti, Kamis (25/2/2016) mengungkapkan, penghargaan tersebut akan diberikan, Selasa (1/3/2016) besok. dalam Musyawarah Nasional Pemadam Kebakaran (PMK) di Semarang
“Kebetulan dalam munas nanti salah satu narasumbernya adalah Bu risma,” tuturnya
Ari mengakui, dalam melaksanakan tugasnya Dinas Kebakaran memiliki standar  operasional procedur (SOP) untul response time yang kurun waktunya berkisar  15 menit.
“5 menit untuk persiapan, 5 menit perjalanan menuju lokasi dan 5 menit berikutnya gelar peralatan melakukan pemadaman,” terangnya.
Dari tinjauan peneliti  Institut Tehnologi Sepeluh  (ITS) Nopember Surabaya dari sejumlah kejadian yang ditangani, total waktu response time hingga lokasi berkisar 12,37 menit.
“Jadi, lebih cepat dari SOP,” ucapnya singkat
Mantan Kasi Pengendalian dan Pencegahan Dinas kebakaran ini  mengaku, saat menuju lokasi kejadian, pihaknya kerapkali menemui sejumlah kendala, diantaranya banyaknya polisi tidur, portal di kawasan perumahan, dan gapura yang rendah. Sejumlah penghalang tersebut dibangun, karena masyarakat hanya menekankan pada aspek keamanan saja.
“Kesadaran masyarakat masih rendah, tentang pentingnya akses bagi tindakan penyelamatan jika terjadi kebakaran,” tegasnya.
Ari mengungkapkan, jumlah kejadian kebakaran di Kota Pahlawan ini trennya meningkat. Pada bulan Januari lalu, sekitar 15 – 20 kasus kebakaran terjadi. Sementara, tahun lalu pada bulan yang sama, sekitar 12 – 15 kasus. Pada Tahun 2015, total kasus kebakaran di Surabaya sebanyak 600 kasus.(k4/r7)

Loading...