Polda Jatim Bangun Smart Building Rp 80 Miliar Dari Dana Hibah Pemkot Surabaya

Surabaya (DOC) – Polda Jawa Timur mulai membangun gedung baru enam lantai yang menelan anggaran mencapai Rp 80 miliar. Dana diperoleh dari hibah Pemkot Surabaya dari hasil tukar guling aset lahan Polda Jatim yang digunakan untuk jalan frontage road di Jalan A. Yani depan Mapolda Jatim.

“Pembangunan gedung ini bukan diberikan dana hibah cuma-cuma dari Pemkot Surabaya. Ini hibah dari tukar aset tanah kita yang dibutuhkan Pemkot dalam rangka pembangunan jalan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas,” kata Kapolda Jatim, Irjenpol Pol Machfud Arifin saat peletakan batu pertama pembangunan gedung di Mapolda Jatim, Rabu (20/9).

Kapolda menjelaskan, pembangunan gedung baru tersebut bukan menjadi gedung utama. “Ini bukan gedung utama, namun gedung enam tingkat ini akan menjadi smart building (gedung pintar) untuk meningkatkan kinerja polisi. Lantai enam akan dibuat command center untuk memantau seluruh wilayah Jawa Timur,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya command center maka bisa memantau wilayah jika ada keadaan darurat. “Misalkan ada longsor di Ponorogo, anggota di Polda bisa komunikasi langsung dengan anggota di lapangan. Kita bisa kasih instruksi langsung dari Polda,” ungkapnya.

Namun untuk menunjang smart building itu, jenderal polisi bintang dua tersebut meminta bantuan Pemkot Surabaya untuk jaringan fiber optiknya. Ia menargetkan pembangunan gedung baru yang berada di tengah atau belakang gedung Tribrata Mapolda Jatim bisa selesai maksimal 1 Juli 2018.

Kapolda berharap dengan adanya gedung baru, maka seluruh jajaran Polda Jatim bisa bertugas di Mapolda. “Ada Ditpamobvit yang kantornya di Jalan dr Soetamo. Semoga ke depan bisa punya kantor juga di sini (Mapolda Jatim),” ujarnya.

Sekda Kota Surabaya, Hendro Gunawan mengatakan, dana hibah yang diberikan Pemkot Surabaya sebagai kompensasi dari pembangunan jalur frontage road di depan Mapolda Jatim. Nilainya, kata Hendro, sebesar Rp 80 miliar.

“Kami atas nama Pemkot Surabaya mengucapkan selamat atas dibangunnya gedung baru ini. Semoga kinerja semakin baik ke depan dan kerjasama Polda Jatim dengan Pemkot Surabaya bisa lebih baik dan bersinergi,” tukasnya. (D01)