Polda Jatim Musnahkan Shabu Senilai 2 Miliar

Tidak ada komentar 114 views

Surabaya (DOC) – Direktorat Narkoba Polda Jatim memusnahkan shabu seberat 924,1 gram senilai hampir Rp 2 Milyar di halaman Mapolda Jatim, Rabu (26/12) pagi.

Narkotika golongan satu jenis sabu ini diamankan oleh Tim Gabungan dari Badan Narkotika BNN Jatim, Bea Cukai Jatim dan Direktorat Jendral Polda Jatim.

Menurut Direktur Narkoba Polda Jatim Kombes (Pol) Andi Loedianto berhasil diungkapnya peredaran narkoba jaringan internasional ini merupakan penangkapan dari seorang kurir bernama Nazir (40), warga Sampang, Madura. Tersangka ditangkap oleh Tim Gabungan setelah didapati menyelundupkan sabu ke wilayah Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda.

“Pemusnahan ini dilakukan dari penangkapan Tim Gabungan sekitar sebulan yang lalu yang dilakukan tersangka dari Malaysia,” terang Kombes (Pol) Andi Loedianto.

Pemusnahan ini dilakukan menggunakan mesin incenerator atau mesin pemusnah shabu. Beberapa pejabat juga turut hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Dirnarkoba Polda Jatim Kombes (Pol) Andi Loedianto, Kepala BNN Provinsi Jatim Brigjen (Pol) Inwar Ibrahim, Kabid Humas Polda Jatim Kombes (Pol) Hilman Thayib, serta pejabat-pejabat lain dari Kejaksaan Tinggi Jatim, Bea Cukai Juanda dan Pengadilan Negeri Surabaya.

Seperti diketahui, pemusnahan shabu ini dilakukan menyusul penggagalan penyelundupan yang dilakukan hasil kerjasama antar instansi Customs Narcotics Team (CTN) Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Juanda, Polda Jatim dan Badan Narkotika Provinsi Jatim.

Tersangka Nazir diamankan setelah turun dari pesawat Air Asia rute Kuala Lumpur-Surabaya dengan nomor penerbangan QZ 8294. Adapun kesulitan dalam mencari barang bukti, dikarenakan barang bukti yang dibawa pelaku dimasukkan ke dalam kemasan kopi bubuk yang menyerupai asli atau tidak terdapat bekas sobekan.

Barang haram yang diamankan dengan berat sekitar 924,1 gram itu dibawa oleh Nasir (40), Warga Negara Indonesia asal Sampang. Nasir ditangkap setelah turun dari pesawat Air Asia tujuan Surabaya dari Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (4/11/2011), sekitar pukul 18.30 WIB