Polda Metro Izinkan Polwan Berjilbab

Tidak ada komentar 174 views

Jakarta, (DOC) – Polda Metro Jaya, memberlakukan penggunaan jilbab kepada Polisi Wanita (Polwan) Muslim di lingkungan kerjanya. Diharapkan, bagian dari busana Muslimah itu dapat menjadi kontrol kinerja guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik.
Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Sudjarno, mengatakan pihaknya belum menentukan aturan atau pedoman bagaimana penggunaan jilbab dalam seragam Polwan. Sementara, desainnya mengacu kepada kepolisian di Aceh.
“Bapak Kapolri (Jenderal Polisi Sutarman, red), sudah mengizinkan Polwan Muslim menggunakan jilbab. Memang saat ini belum ada aturan bagaimana desainnya. Namun, kita mengacu kepada apa yang dilaksanakan di Aceh. Jadi kita terapkan di sini,” ujar Sudjarno, di Mapolda Metro Jaya.
Dikatakan Sudjarno, penggunaan jilbab akan disesuaikan dengan seragam kepolisian dan tentunya aturan Islam. “Jadi jangan menggunakan jilbab yang aneh-aneh, seperti warna pink (merah jambu),” ungkapnya.
Selain itu, kata Sudjarno, Polwan yang memakai Jilbab juga harus berpakaian rapi dan sopan. “Jangan memakai jilbab, tapi pakai rok. Ke depan akan kita atur penampilannya, bagaimana pedomannya,” bilangnya.
Ia melanjutkan, diharapkan penggunaan jilbab bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan Polwan. Jangan sampai, pelayanan malah menurun.
“Saya pesankan jangan memakai jilbab, tapi melakukan pelanggaran. Nanti menggunakan jilbab (malah) banyak pelanggaran, itu yang tidak di harapkan,” jelasnya.
Penggunaan Jilbab, sambungnya, juga dapat menjadi kontrol dan saling mengawasi dalam peningkatan kinerja.
“Itu harus sesuai perilaku, supaya mengontrol dan mengawasi bersama-sama. Harapan saya kepada kawan-kawan dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas,” kata wakapolda. (kdn/r4)