Polri Anugerahkan Bintang Bhayangkara kepada 7 Orang, Ini Dia

Jakarta (DOC) – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menganugerahkan Bintang Bhayangkara kepada tujuh warga yang dinilai telah membantu tugas Polri. Para penerima penghargaan ini adalah Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani hingga Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan.

“Jadi ini Bintang Bhayangkara adalah bintang yang tertinggi, medali tertinggi di lingkungan Polri. Ini adalah dari Presiden atau usulan dari Kepala Kepolisian,” kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian usai memberikan penghargaan di Auditorium PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018).

Acara penghargaan itu dimulai pukul 08.00 WIB. Terlihat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hingga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri hadir di lokasi. Tuuh orang yang mendapat penghargaan itu, mayoritas orang-orang itu bekerja sebagai pembantu presiden di kabinet kerja Joko Widodo.

Tujuh orang yang mendapat penghargaan itu antara lain, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, Kepala Staf TNI AL Siwi Sukma Adji, dan Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

“Pertama adalah Ibu Menteri PMI, Ibu Puan Maharani, kenapa?, karena banyak kerja sama yang kita lakukan dengan Kementerian PMK dalam rangka menghadapi kelompok-kelompok ideologi terorisme kemudian revolusi mental juga kerja sama yang berkaitan dengan instansi atau kementerian di bawah koordinasi beliau,” kata Tito.

Tito menjelaskan, penghargaan kepada Sri Mulyani karena dinilai sudah memberikan kontribusi yang besar ke Polri. Ketiga penghargaan diberikan kepada Pratikno karena sebagai penjembatan Polri dengan Presiden Indonesia.

“Keempat, Menteri Basuki ya PUPR karena pembangunan infrastruktur yang dibuat beliau baik tol, bandara pelabuhan ini bentuk-bentuk mempermudah kerjaan polisi untuk melakukan pengamanan. Pada saat kemarin beliau membangun jalan tol termasuk Jakarta-Surabaya itu memudahkan operasi bagi Polri untuk mengamankan arus mudik arus balik,” imbuhnya.

Kepala BIN juga diberikan penghargaan karena Kepala BIN berkontribusi dalam barter informasi dengan Polri. Kepala Staf TNI AL dan TNI AU juga diberikan penghargaan karena sudah membantu Polri dalam menjalankan tugasnya.

“Selanjutnya Kepala Staf Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Kerjasama juga dengan dua kepala staf ini luar biasa, penanganan narkoba, penanganan kejahatan di laut, kerjasama pengangkutan di udara termasuk kemarin kami dibantu TNI AU dan Bapak Panglima TNI dalam rangka pengangkutan logistik yang akan kita bawa untuk membantu masyarakat yang tertimpa gempa di Lombok,” ucap Tito.(dtc/ziz)

Tag: