Ponpes Bahrusysyfa Miliki Cara Jitu Cetak Santri Hafal Qu’ran Dengan Cepat

Foto : Santri Ponpes Tanfidz Al quran Bahrusysyfa Lumajang

Lumajang,(DOC) – Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Al-Qur’an Bahrusysyfa Lumajang, memiliki cara khusus dalam mendidik para santrinya untuk bisa menghafal Al quran dengan cepat.

Pesantren yang telah mencetak puluhan santri hafiz Al –quran, terletak di tengah perkampungan Bagusari, Kelurahan Jogotrunan, Lumajang Jawa Timur.

Para santri setiap hari digembleng keseriusannya dan niat diri, sebelum menghafalkan ayat-ayat suci Allah SWT.

“Kalau dari diri kita saja belum ada niat yang kuat itu akan susah, tapi kalau kita fokus, serius, dan ulet, Insya Allah, pasti akan dipermudah menghafalnya,” ujar Imron Rosyadi pengasuh Ponpes Bahrusysyfa, saat di temui, Jumat(23/2/2018).

Selain itu, para santri dibiasakan membaca Al Quran yang dikerjakan setelah menjalankan sholat shubuh, Dhuhur, Ashar, Magrib dan Isya’. Masing-masing membaca setengah juz.

“Jadi dalam satu hari mereka membaca Al Quran 3 juz dengan cara melihat, kenapa kita lakukan seperti itu karena lidahnya kenal dalam membaca Al Fatiha sampai An Nas karena mereka tahu jalan akan di lewati. Dalam 10 hari sekali hatam 3 juz,” jelasnya.

Santri yang berasal dari Jawa, Sunda, NTB, NTT hingga Madura, memiliki logat yang kebiasan bicara yang berbeda. Untuk perlu dilakukan metode Tahsin yang membentuk karakter bicara menyerupai bahasa Arab.

“Metode ini yang kita berikan untuk mempermudah membaca Al Quran jadi beda dengan pondok pesantren di luar,” ujar Imron.

Sejak Ponpes didirikan pada tahun 2013 lalu, sudah ada 16 santri yang hafal Al quran. Tinggal menunggu satu ujian akhir lagi, agar memperoleh gelar Hafiz Al Quran.

“Ada yang usianya masih muda baru 16 tahun. Karena santri ini Yatim sehingga dalam waktu 92 hari sudah hafal Al Quran 30 juz. Kurang ujian Sugra, sebelum mendapat gelar Hafiz dan menerima piagam,” katanya.

Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Bahrusysyfa ini memiliki 55 santri putra dan 13 santri putri. Rata-rata mereka sudah hafal Al quran 30 juz.(mam/r7)