PPDP HARUS PAHAMI 3 PRINSIP DAFTAR PEMILIH

Tidak ada komentar 27 views

Staf ahli Bidang Data dan Informasi KPU RI, Nanang Indra Suyitno

Sidoarjo, kpujatim.go.id– Daftar pemilih dalam tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak, sering menjadi alasan untuk dipermasalahkan dalam hasil pemilihan. Guna mengantisipasi timbulnya permasalahan terkait data pemilih, diharapkan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) memahami prinsip dasar untuk daftar pemilih.

Demikian dikatakan staf ahli bidang Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Nanang Indra Suyitno, saat menyampaikan materi Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data dan daftar pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018, di Hotel Swiss-Belinn Sidoarjo, Sabtu (13/1).

Nanang menerangkan, setidaknya ada tiga (3) prinsip daftar pilih yang harus dipahami oleh PPDP dalam Pilkada serentak, termasuk Pilgub Jatim 2018. Adapun prinsip pemilih yang di maksud pertama harus konprehensif, artinya dilakukan secara menyeluruh sesuai dengan aturan yang sudah ada dan berlaku.

Kedua, harus akurat dengan artian lengkap sesuai dengan kedudukan dari pemilih dan yang terakhir harus lebih muktahir, dalam artian apa yang dilakukan harus sesuai dengan informasi terakhir dari pemilih.

“Dengan memahami prinsip dari daftar pemilih, setidaknya akan membuat PPDP punya pijakan dalam melakukan tugasnya,” terang Nanang.

Dia menambahkan, selain terkait prinsip daftar pemilih, juga ada poin krusial yang juga menjadi pegangan dari PPDP, yakni pemilih hanya didaftar satu kali dalam daftar pemilih. Jika fakta dilapangan ada pemilih yang terdaftar di lebih dari satu tempat tinggal, langkah yang dilakukan adalah pemilih didaftar sesuai dengan alamat yang tercantum di KTP elektronik atau surat keterangan (Suket)

“Daftar pemilih akan menjadi komponen utama yang menentukan kualitas penyelenggara pemilu. Aspek itu yang harus dipahami semua oleh penyelenggara,” pungkasnya.

Peserta Bimtek Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018

(MC – BIB/BAY)

KPU Jatim