PPK Se-Surabaya Aksi Menutut Perpanjangan Komisioner KPU

Surabaya,(DOC) – Pergantian Anggota KPU kota Surabaya yang akan dilantik pada 12 Juni 2014 mendatang, nampaknya tak diinginkan oleh para petugas Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK) kota Surabaya yang tergabung dalam Forum PPK Kota Surabaya.
Mereka berencana melakukan aksi demo ke kantor KPU Jatim guna menuntut perpanjangan komisioner KPU Kota Surabaya yang masa kerjanya habis pada 9 Juni 2014 nanti. Alasan tuntutan itu, karena dalam rekrutmen anggota KPU kota Surabaya marak adanya titipan. Sehingga dikhawatirkan komisioner yang terpilih nanti, benar-benar tak paham tentang pelaksanaan kepemiluan. Jika hal itu dipaksakan, maka para PPK di 31 kecamatan se-Surabaya akan bekerja secara gotong royong.
“Kalau yang terpilih adalah komisioner yang tak mengerti apa-apa alias lolak-lolok, maka yang repot kami sebagai PPK. Mereka hanya bisa marah dan memerintah saja, sementara kami di bawah harus bekerja keras. Ini tidak benar,” tandas salah satu PPK di Surabaya, Selasa(3/6/2014).
Sementara Januar selaku sekretaris Forum PPK Surabaya, menegaskan, pihaknya juga meminta ada keterbukaan pada hasil tes atau rekrutmen KPU Kota Surabaya. Mereka meminta keterbukaan terkait nilai para peserta tes. Sebab, dari sekian tes yang dijalani sejak awal, tetap saja yang lolos orang-orang titipan. Dengan membuka hasil tes, tentu lebih fair.
“Kalau memang tak bisa diperpanjang, maka KPU Jatim yang harus mengambil alih pelaksanaan Pilpres di Surabaya. Tuntutan kami seperti itu, sudah tak bisa ditawar lagi,” ujar Januar.(r4/r7)