Prajurit Marinir Ciptakan Mars Surya Bhaskara Jaya

Surabaya, (DOC) – Pada Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya XLII/2013 ini, Korps Marinir melibatkan sedikitnya 60 personel dari Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir Pasmar-1 Surabaya. Kiprah prajurit Marinir dalam operasi bhakti tersebut sebagai Unsur Tugas Sarana dan Prasarana (UT Sarpras) dibawah pimpinan Kapten Marinir Achmad Muthohar. Tugas yang diemban prajurit Marinir dalam misi kemanusiaan tersebut yaitu melaksanakan berbagai kegiatan sosial kemanusiaan, yang meliputi perbaikan sarana dan prasarana umum dan penyerahan bahan kontak.
Dibalik tugas mulia itu, salah satu prajurit Marinir dibawah UT Sarpras yaitu Sertu Marinir Slamet Supriyanto yang sehari-hari berdinas sebagai anggota Yonbekpal-1 Mar Pasmar-1 Surabaya, menyumbangkan dharma bhaktinya dengan menciptakan lagu mars “Surya Bhaskara Jaya (SBJ)”. Di bidang mengarang, Bintara lulusan Diktukba 37/2007 ini bisa dibilang mumpuni, hanya dalam waktu semalam Bintara murah senyum ini mampu menyelesaikan konsep Mars SBJ menjadi lagu yang dapat menggugah semangat juang prajurit lainnya.
Makna lagu tersebut sesuai dengan tugas pokok gugus laut SBJ dalam mendharmabhaktikan tugas suci untuk ibu pertiwi, melalui pelayanan kesehatan, pelayanan masyarakat, pembangunan sarana dan prasarana lingkungan bagi masyarakat di wilayah terpencil.
Kegitan ini dilaksanakan setiap tahun dan sudah berlangsung sejak tahun 1980, sebagai salah satu tugas dan tanggung jawab TNI AL sebagai komponen bangsa dalam pembangunan nasional dan wujud nyata kepedulian TNI AL terhadap upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir.
Sementara itu ide pembuatan lagu mars SBJ merupakan pertama kalinya sejak Satgas SBJ dimulai sejak tahun 1980, dengan demikian mars ini rencananya dijadikan lagu resmi untuk Satgas selanjutnya. Hal itu tentunya masih melalui beberapa proses yang bertahap. Namun ditingkat internal gugus laut SBJ/LXI 2013, mars telah diresmikan oleh Komandan Satuan Tugas SBJ Kolonel Laut (P) Taat Siswo Sunarto di kapal perang rumah sakit KRI dr. Soeharso-990 pada saat pelayaran di sekitar Laut Flores pada pukul 15.30 WITA kemarin. (puspen/r4)

OPERASI BAKTI SURYA BHASKARA JAYA
MENGEMBAN TUGAS MULIA
TUNAIKAN TUGAS SUCI, TUJUAN KAMI
DEMI KEJAYAAN NEGERI

GERAK JUANGNYA DI PERSADA NUSANTARA
DARMAKAN BAKTI BAGI NEGARA
PEGANG TEGUH SAPTA MARGA
JADIKAN PEDOMAN KITA

REFF**
KAMI MENGABDI IBU PERTIWI
DI PENJURU PELOSOK NEGERI
TNI ANGKATAN LAUT BAK IBU KANDUNGKU
PERINTAHMU DI ATAS SEGALANYA

KAMI BERKORBAN TAK KENAL KASTA
BAGI RAKYAT INDONESIA
DEMI JAYANYA SEBUAH NAMAMU
SURYA BHASKARA JAYA