Prajurit TNI di Lebanon Bantu Panen Buah Zaitun

Tidak ada komentar 145 views

Lebanon (DOC) – Sekitar 30 orang prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-F/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon), dibawah kordinator Kasi CIMIC (Civilian Military Coordination) Satgas Kapten Inf M. Sujoko dan Perwira CIMIC Kompi A (Alphard) Lettu Inf Danny Steven membantu warga Banihayan Lebanon Selatan memanen buah Zaitun dikebunnya, kegiatan ini merupakan agenda kerja staf CIMIC Satgas dalam membantu warga sekitar Area Operasi Indobatt (Indonesian Battalion), kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dan berakhir hingga hari Selasa (30/10/2012).Kegiatan sosial ini dilaksanakan di kebun salah satu warga yang bernama Mr. Salah Ali Jabber, prajurit Indobatt dengan suka cita bahu membahu memetik buah Zaitun hingga selesai, pemetikan buah yang agak rendah dilaksanakan dengan tangan atau menggunakan alat khusus seperti sisir besar, khusus yang ada di pucuk pohon yang lebih tinggi menggunakan galah dan tangga.

Mr. Salah Ali yang ikut memanen bersama istrinya, mengucapkan terima kasih atas bantuan prajurit Indobatt sehingga buah zaitun dikebunya dapat dipanen dengan cepat dan proses pemerasan menjadi minyak lebih cepat pula dilakukan, menurutnya hasil minyaknya nanti sebagian dikonsumsi sendiri dan sebagian akan dijual.
Zaitun mempunyai masa panen setahun sekali yaitu antara bulan Oktober dan November, buahnya diproses untuk diambil minyaknya, minyak zaitun mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, di Lebanon digunakan sebagai campuran makanan sehari-hari. Selain itu dapat juga digunakan sebagai bahan kosmetik kecantikan dan kesehatan, di Lebanon minyak asli dari hasil ekstraksi pertama buah zaitun dijual 10 dollar untuk 1 liter.

Sementara itu ditempat berbeda menanggapi kegiatan ini, Dansatgas Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono didampingi Wadansatgas Letkol Mar. FJH Pardosi mengatakan, membantu panen zaitun warga ini merupakan salah satu program kegiatan CIMIC yang dilaksanakan Satgas Konga XXIII-F dalam rangka menjalin hubungan baik dengan warga sekitar, dengan harapan hubungan yang sudah terjalin baik ini dapat terus berlanjut hingga akhir masa penugasan dan hingga berganti personel Indobatt yang baru. (R-6)

(Sumber berita Puspen TNI/Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, Lettu Inf Suwandi)