Pramuka jadi Ekstrakulikuler Wajib di Semua Sekolah

Jakarta (DOC) – Kurikulum baru yang akan diajarkan tahun ajaran 2013/2014 bakal mewajibkan ekstrakulikuler Pramuka di semua sekolah. Tujuanya, untuk memberikan pendidikan dan karakter yang menjadi fokus dalam kurikulum baru tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh mengatakan, pihaknya mendorong Pramuka wajib di semua sekolah. Karena, katanya, dengan Pramuka itu dapat mendorong kepemimpinan, kerjasama, solidaritas, mandiri, dan keberanian.

Menurutnya, materi-materi tentang pengembangan diri nantinya akan diintegrasikan ke dalam setiap mata pelajaran dan ekstrakulikuler.

“Setiap mata pelajaran ada aspek pengembangan diri, karena kompetensinta selalu terkait pada tiga hal, sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Dan itu harus juga dilibatkan dalam ekskul,” katanya.

Ke depan, kata dia, siswa juga didorong untuk dapat berkreasi dan menciptakan hasil karya. Hal tersebut juga akan menjadi salah satu instrumen penilaian.

“Semua itu akan dituangkan ke dalam prakarya. Karena dengan prakarya, siswa didorong untuk lebih bisa berkreasi melalui proses,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam kurikulum baru tersebut model pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal tersebut sengaja dilakukan, mengingat perkembangan teknologi dunia yang semakin pesat.

“Untuk SMP, TIK itu akan menjadi media semua mata pelajaran, jiwanya TIK. Jadi tidak perlu lagi ada pelajaran TIK, karena langsung menggunakan komputer,” tegasnya.

Untuk itu, diharapkan semua sekolah sudah dilengkapi dengan komputer beserta jaringan internet. Sehingga, metode pembelajaran berbasis IT dapat terimplementasi dengan baik. (sm/r3)