D-ONENEWS.COM

Prancis Juara Piala Dunia 2018

Surabaya (DOC) – Prancis tampil sebagai juara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor yang meyakinkan 4-2 di final yang di gelar di Stadion Luzhniki, Moskow, (15/7).

Pada babak pertama, Prancis unggul 2-1 melalui gol bunuh diri Mario Mandzukic dan gol penalti Antoine Griezmann, sedangkan Kroasia menciptakan gol dari sepakan keras Ivan Perisic.

Pada babak kedua Prancis menambah dua gol dalam waktu enam menit lewat tendangan Paul Pogba dan Kylian Mbappe yang sama-sama tercipta dari luar kotak penalti. Kroasia mendapat gol hiburan dari Mandzukic yang memanfaatkan blunder kiper Hugo Lloris.

Jalannya pertandingan babak pertama, Kroasia yang didera isu kelelahan karena di tiga laga sebelumnya selalu bermain hingga pertambahan waktu, bisa menguasai bola. Hanya saja, mereka kesulitan menciptakan peluang yang benar-benar mengancam gawang Lloris.

Baca juga : Piala Dunia 2018: Belgia Rebut Juara Tiga

Prancis baru coba menyerang di menit ke-17 dan langsung menghasilkan gol pertama. Berawal dari tendangan bebas Griezmann dari luar kotak penalti, bola justru menyentuh kepala Mario Mandzukic dan meluncur deras ke gawang Danijel Subasic.

Dalam posisi ketinggalan, Kroasia kembali meningkatkan serangan dan akhirnya mendapatkan gol penyama kedudukan lewat tendangan keras Perisic. Gol ini berawal dari tendangan bebas Luka Modric dari luar kotak penalti.

Di menit ke-36, Prancis mendapatkan penalti setelah Perisic menyentuh bola dengan tangannya. Wasit sempat berkonsultasi menggunakan VAR untuk mengambil keputusan, tapi tetap menunjuk titik putih. Griezmann yang menjadi algojo berhasil mengirimkan bola dengan tenang dan membawa Prancis kembali unggul.

Di babak kedua, Kroasia baru terlihat kelelahan sementara Prancis meningkatkan intensitas serangan. Paul Pogba lalu mencetak gol dan memperlebar keunggulan Prancis di menit ke-59.

Berawal dari umpan lambung yang diarahkan pada Kylian Mbappe di sayap kanan, pemain 19 tahun itu berhasil memegang penguasaan bola dan kemudian mengirimkan umpan silang ke kotak penalti.

Bola diterima Griezmann yang kemudian memberikannya kepada Pogba di luar kotak penalti. Pogba lalu mencetak gol ketiga Prancis dengan tendangan keras. Enam menit kemudian, Prancis kembali memperlebar selisih gol kali ini berkat kaki Mbappe.

Lucas Hernandez melakukan drive impresif di sisi kiri dan mengirim umpan ke tengah lapangan. Mbappe di bawah penjagaan Domagoj Vida melepaskan tendangan keras mendatar ke pojok kiri gawang. Di tengah-tengah dominasi Prancis di babak kedua, Kroasia mendapatkan gol kedua dengan memanfaatkan blunder Hugo Lloris.

Berawal dari sebuah backpass, Lloris coba untuk untuk menggocek Mandzukic yang memberikan tekanan pada dirinya. Mandzukic berhasil memotong bola Lloris sekaligus mencetak gol kedua Kroasia.

Gol Mandzukic ini seolah menjadi angin segar bagi Kroasia. Mereka lalu kembali mengirimkan gelombang serangan terutama melalui sayap. Perisic bergeser ke kanan, sementara Marko Pjaca yang menggantikan Ivan Strinic memimpin serangan di kiri.

Namun lini pertahanan Prancis tampil sempurna dalam menghalau seluruh serangan Kroasia. Prancis pun juara Piala Dunia untuk kali kedua. (D02)

Loading...

baca juga