Presiden Jokowi Kumpulkan Para Kepala Suku di Istana Bogor

Presiden Jokowi saat bertemu para kepala suku di Istana Bogor.

Bogor, (DOC) – Situasi di Papua hingga kini terus memanas seiring banyaknya aksi baku tembak. Seakan merespon gejolak itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para kepala suku yang ada di seluruh Indonesia. Jokowi dan para kepala suku ini berdialog di Istana Bogor, Kamis (16/11/2017).

Hingga kini, Indonesia memiliki 714 suku. Jokowi berpesan agar bangsa Indonesia selalu menjaga persaudaraan.

“Afghanistan itu memiliki 7 suku sekarang terpecah menjadi 40 kelompok karena dimulai dari dua suku yang bertikai yang satu bawa teman dari luar, yang satu (lagi) bawa temen dari luar akhirnya berantem, perang, dan sampai sekarang belum selesai,” kata Jokowi.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di hadapan para kepala suku yang diundang hadir. Sebelumnya, dia juga menyatakan hal yang sama dalam pertemuan bersama Pimpinan Pusat dan Daerah ormas Al-Irsyad Al-Islamiyah di tempat yang sama.

“Dijaga persaudaraan, dijaga kerukunan diantara suku-suku bangsa. Jangan sampai seperti yang terjadi di Afghanistan, sangat sulit sekali kalau sudah seperti itu untuk mendamaikan, untuk merukunkan kembali,” kata Jokowi.

Jokowi lalu menyampaikan, akhir bulan ini akan datang perwakilan kelompok dari Afganistan ke Indonesia. Kedatangan mereka adalah untuk melihat keberagaman yang bisa tetap rukun.

“Jadi kalau kita sendiri di dalam negeri ini masih ada yang usrek, usrek itu apa ya, gesekan, nanti akan menjadi sangat lucu sekali karena kita dilihat sekarang ini. Eropa melihat kita setelah banyak kegaduhan di dunia, kita ini dilihat. Jangan sampai kita dilihat dijadikan contoh tapi dalam negeri masih gaduh,” tutur Jokowi.(dtc/ziz)

Tag: