D-ONENEWS.COM

Presiden Jokowi Lantik Tito Jadi Kapolri

kapolri_dilantikJakarta,(DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komisaris Jenderal(Komjen) Polisi Tito Karnavian sebagai kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi Badrodin Haiti. Tito Karnavian dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/7/2016) dan langsung menyandang bintang empat di pundaknya.

Perwira Polri Angkatan 1986 itu dilantik melalui Keputusan Presiden Nomor 48/Polri/2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kapolri.

Tito setelah diambil sumpahnya secara Islam kemudian menandatangani berita acara pengangkatan Kapolri dengan saksi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan.

Presiden dalam kesempatan itu mengucapkan selamat atas pelantikan Tito sebagai kapolri yang dianggapnya telah diberi amanah, kepercayaan, dan tanggung jawab oleh negara untuk memastikan, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya minta saudara fokus pada dua hal, pertama jaga persatuan, kekompakan, soliditas internal Polri,” katanya.

Hal kedua pesan Presiden yakni melakukan reformasi secara menyeluruh dan konsisten dalam tubuh Polri.

Hadir dalam pelantikan tersebut sejumlah tokoh dan pejabat termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, pendiri Partai Nasdem Surya Paloh, para pemimpin lembaga tinggi negara, dan para menteri Kabinet Kerja.(bc/r7)

Loading...