Presiden Jokowi Sampaikan Terima Kasih kepada Polri

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-72 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2018).

Presiden Jokowi hadir didampingi ibu negara Iriana. Turut hadir pula Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan istrinya Mufidah Kalla.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi bertindak selaku inspektur upacara. Presiden Jokowi sekaligus menyampaikan amanatnya dalam memperingati Hari Bhayangkara ke-72 ini.

Jokowi menyampaikan beragam tantangan yang akan dihadapi kepolisian ke depan. Untuk itu, Jokowi meminta Polri tidak lengah dan terus meningkatkan kewaspadaan, salah satunya terkait ancaman terorisme.

“Polri harus terus waspadai ancaman terorisme, negara maju pun mengalami ancaman yang sama. Di dalam negeri, kita tak akan lupakan para pelaku biadab bom bunuh diri, bukan hanya korban masyarakat tapi juga jadikan aparat polisi jadi target,” kata Jokowi.

“Jangan pernah lengah, tetap sigap dan wasapada mengerjakan tugas, mengembangkan diri buat terobosan ancaman yang ada, pemetaan dini potensi ancaman dan ketertiban di masyarakat dan selanjutkan lakukan pencegahan,” tambah Jokowi.

Kemajuan teknologi informasi juga disampaikan Jokowi di hadapan anggota Polri. Jokowi berpesan Polri mewaspadai ancaman seperti kejahatan siber hingga penjualan manusia.

“Era digital Polri harus mampu antisipasi tindak kejahatan makin beragam, memanfaatkan kemajuan IT. Polri semakin siap menghadapi kejahatan transnasional seperti kejahatan siber, human trafficking, drug trafficking sampai arm smuggling,” ujarnya.

Jokowi juga berterimakasih kepada seluruh jajaran Polri yang telah sukses mengamankan berbagai agenda penting di Indonesia. Setelah mudik 2018 berjalan dengan lancar, pilkada serentak yang digelar di 171 daerah juga berlangsung dengan aman dan tertib.

“Saya apresiasi anggota Polri yang selalu hadir menjaga keamanan dan ketertiban sehingga umat Islam bisa menjalani ramadhan dengan tenang, yang memastikan lalu lintas mudik berjalan lancar, pilkada serentak di 171 daerah bisa berjalan aman dan tertib,” kata Jokowi.

Ucapan terimakasih secara khusus disampaikan Jokowi kepada polisi yang bertugas di wilayah pedalaman, perbatasan, terpencil pulau-pulau terdepan dan mengemban misi internasional di luar negeri.

“Saya yakin apa yang dilakukan setiap anggota polri wujud pengabdian terbaik kepada rakyat, bangsa dan negara. Seluruh anggota polri di manapun melakukan tugas, terhormat dan membanggakan sebagai Bhayangkara,” kata Jokowi.

Pada peringatan hari Bhayangkara ke-72 ini, kata Jokowi, Indonesia mendapatkan kabar baik dari Gallup Law and Order. Lembaga internasional itu menempatkan Indonesia ke dalam 10 negara teraman di dunia.

“Sebuah capaian yang membangkan kita semua yang harus dijaga dan dipertahankan, ini hasil kerja keras seluruh elemen bangsa, tentu ada kerja keras pengabdian dan dedikasi dari Polri,” kata Jokowi.

Tahun ini, tema yang diangkat Polri yaitu ‘Semangat Promoter Siap Mengamankan Agenda Nasional 2018 dan 2019’.

Selain petinggi Polri seperti Kapolri Jenderal Tito Karnavian, hadir pula kepala lembaga lain yakni Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Acara ini juga dihadiri menteri kabinet seperti Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PPPA Yohana Yembise, Menhub Budi Karya Sumadi, Menperin Airlangga Hartarto hingga Mensos Idrus Marham dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.(dtc/kcm/ziz)

Tag: