Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Tidak ada komentar 77 views

Kuningan (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeliling Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (25/5/2018). Jokowi meninjau pembangunan Bendungan Kuningan dan membagikan sertifikat tanah untuk masyarakat.

Jokowi bertolak dari tempat hotel menginap ke lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan menggunakan mobil. Jarak dari hotel ke lokasi bendungan sekitar 1,5 jam.

Setiba di lokasi, Jokowi meninjau pembangunan Bendungan Kuningan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Jokowi kemudian diajak melihat maket pembangunan Bendungan Kuningan yang diperkirakan selesai pada Desember 2018 ini. “Akhir tahun ini rampung ya?” tanya Jokowi.

“Iya Pak,” jawab Basuki.

Basuki kemudian memperlihatkan kawasan waduk yang saat ini masih belum digenangi air itu. Bahkan masih terlihat beberapa rumah dan sawah yang dulunya milik warga.

Jokowi juga mengatakan, pembangunan bendungan sekuas 221 Ha tersebut sudah lama tidak dilihat. “Ini nggak dilihat 3,5 tahun. Baru kali ini. Besarnya ini dua kali lipat dari Raknamo,” kata Jokowi.

Dikatakan Jokowi, juka sudah selesai, bendungan tersebut akan memberikan manfaat. Sakah satunya, bisa untuk dijadikan irigasi terhadap 3.000 Ha sawah.

“Yakni untuk wilayah Cileuweung Kabupaten Kuningan 1.000 Ha dan wilayah Jangkelok, Kabupaten Brebes 2.000 Ha,” kata Jokowi.

Usai tinjauan, Jokowi melanjutkan kegiatan menuju GOR Seni dan Budaya Ewangga, Kompleks Stadion Mashud Wisnusaputra, Jl Siliwangi, Kabupaten Kuningan.

Di lokasi tersebut, Jokowi akan menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat. Ada sekitar 2.000 sertifikat yang dibagikan.

Usai penyerahan sertifikat, Jokowi akan menunaikan salat Jumat berjamaah di salah satu masjid Kota Kuningan. Selanjutnya, Jokowi akan bertolak ke Bandara Cakrabhuwana, Kota Cirebon untuk persiapan kembali ke Jakarta.(dtc/ziz)

Tag: