Presiden LIRA Laporkan Walikota Ke Polda Jatim

Tidak ada komentar 197 views

Surabaya (DOC) – Walikota Probolinggo Buchori akhirnya resmi dilaporkan oleh Presiden Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) HM Jusuf Rizal ke Polda Jatim, atas dugaan penyuapan, pelecehan dan perbuatan tidak menyenankan.“Presiden LIRA langsung datang ke Polda melaporkan kasus ini,” ujar Tim Investigsi Biro Intelijen dan Investigasi DPP LIRA, Irham Maulidy, Rabu (17/10).

Presiden LIRA Jusuf Rizal tiba di Mapolda Jatim, Jl Ahmad Yani, Surabaya pada Selas (16/10/2012) sore kemarin. Dengan didampingi pengurus DPP, DPW LIRA Jatim dan Korwil  Jawa II serta Tim investigasi, Yusuf Rizal masuk dan melaporkan kasus tersebut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jatim. Dari

Atas laporan tersebut, diterbitkan surat laporan Nomor LPB/758/X/2012/SPKT/Polda Jatim. “Laporan ini kita sampaikan, karena berdasarkan kronologis, disebutkan bahwa Presiden LIRA menerima uang sebesar Rp 500 juta. Informasi itu statmen dari tokoh masyarakat yang juga tim sukses Walikota Probolinggo kepada Pengurus DPD LIRA Probolinggo,” tuturnya.

Diduga Pemberian uang Rp 500 juta itu, untuk membuat LIRA tidak meneruskan laporan dugaan korupsi yang dilakukan Walikota Probolinggo. Namun, Presiden LIRA membantahnya dan tidak pernah meminta atau menerima uang tersebut. “Kita juga sudah mempunyai bukti-buktinya,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya melaporkan kasus dugaan korupsi Walikota Probolinggo ke Polda Jatim sekitar Tahun 2008. LIRA berharap, agar kasus tersebut dituntaskan ke penegak hukum dan mendesak Kapolda Jatim menindakalnjuti dugaan penyalahgunaan wewenang Walikota Probolinggo yang mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp 203,2 miliar atas temuan badanpemeriksa keuangan (BPK).

Sementara itu, Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jatim AKBP Suhartoyo saat dikonfirmasi terkait laporan yang dilayangkan Presiden LIRA Jusuf Rizal, mengatakan akan mengecek, apakah laporan tersebut sudah diterima atau belum. “Ya kita juga akan cek dulu siapa yang menanganinya,” jelas Suhartoyo. (K3/R6)