Presiden RI Kunjungi Sail Komodo 2013

Tidak ada komentar 130 views

Labuan Bajo, (DOC) – Sebanyak 100 peserta Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) Sail Komodo 2013 dari 33 provinsi, dengan berbagai pakaian adat menyambut kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada puncak acara Sail Komodo 2013 di Pantai Pede, Labuan Bajo Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (14/9/2013). Penyambutan dilakukan dengan cara menjadi pagar bagus dan pagar ayu pada pintu masuk dengan membawa bendera Merah Putih.
Acara yang dihadiri kurang lebih 3.600 undangan, disuguhkan pula formasi Sailing Pass dan Parade puluhan kapal perang dilanjutkan atraksi Droping Helly Water Jump dari Heli HU 415 dan HU 419 dari Skuadron Udara 400 Puspenerbal dengan membawa Pasukan Katak di ketinggian 21 feet dengan kecepatan 15 knots.
Atraksi terjun payung dengan membawa bendera Sail Komodo 2013 dan bendera Merah Putih yang dilakukan oleh 14 Prajurit Korps Marinir TNI AL, juga turut memeriahkan puncak acara Sail Komodo 2013.
Acara dimulai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden RI yang didampingi oleh Menkokesra H.R. Agung Laksono dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Soetardjo sebagai tanda puncak acara Sail Komodo 2013 yang kemudian dibarengi oleh gauk seluruh unsur parade kapal.
Kepada para undangan, panitia juga menyuguhkan pertunjukan seni budaya dari Manggarai Barat mengenai Legenda Komodo yang berada dibawah binaan Direktorat Kebudayaan dan Perfilman Kemendikbud serta Parade Pesona Seni dan Budaya Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) yang dipersembahkan oleh Sanggar Ivan Nestor.
Selain kapal dari TNI AL, kapal Yacht dari 20 negara serta beberapa kapal dari Hubla, LIPI, Polair, Kemhut, dan Kemenlu turut memeriahkan Sailing Pass.
Sail Komodo 2013 merupakan event internasional yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama melalui sektor pariwisata bahari. Event ini menjadi momentum untuk memajukan wisata bahari di tanah air menjadi destinasi utama wisata dunia dengan mengangkat tema, “Sail Komodo 2013: Jembatan Emas Menuju NusaTenggara Timur menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia”. Ini juga komitmen pemerintah untuk menjadikan Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu destinasi utama wisata dunia. Event internasional ini dimulai dengan penyelenggaraan Sail Bunaken 2009, Sail Banda 2010, Sail Wakatobi-Belitong 2011, dan Sail Morotai 2012. (puspen/r4)