D-ONENEWS.COM

Prihatin Terhadap Nasib Liponsos Kalijudan

liponsosSurabaya,(DOC) – Komisi D bidang Kesra DPRD Surabaya mengaku prihatin terhadap kondisi anak- anak berkebutuhan khusus yang ditampung di UPTD  Liponsos Kalijudan. Pasalnya, menurut Ketua Komisi D, Agustin Poliana, Sabtu (19/3/2016) jumlah tenaga pendamping yang mengasuh mereka sangat minim. Dari sekitar 48 anak yang mempunyai keterbelangan mental  tersebut, jumlah tenaga pendampingnya hanya 4 orang.
“Dengan jumlah itu kan gak ideal untuk mendampingi anak-anak itu,” terangnya usai melakukan kunjungan ke Liponsos Kalijudan
Agustin mengatakan, kalangan dewan mengusulkan adanya penambahan jumlah tenaga pendamping. Karena, idealnya 1 orang tenaga pendamping mengurusi 4 orang.
“Itu sebenarnya juga mungkin masih minim, karena namanya anak kadang ada yang rewel, bertengkar dan sebagainya,” papar politisi PDIP.
Legislator yang menjabat selama empat periode ini mengaku haru dengan kondisi anak- anak yang terbelakang mentalnya di liponsos. Mereka menurutnya sangat membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari para orang tua.
“Kita datang mereka langsung memeluk, kemudian menangis, bikin kita terharu,” ujarnya
Ia mengungkapkan, setiap ada tamu yang mengunjungi, anak-anak yang usianya antara 5 – 16 tahun tersebut menyambutnya dengan pelukan dan tangisan.
“Mereka sangat membutuhkan kasih sayang orang tua. Karena sejak kecil sudah ditelantarkan orang tuanya,” kata Agustin
Agustin menerangkan, anak-anakberkebutuhan khususl ini rata-rata ditemukan di jalan. Ia belum mengetahui pasti sampai kapan mereka berada di liponsos. Namun menurutnya, pemerintah kota tetap akan memperhatikan nasib mereka sampai kapanpun.
“Kita tetap berikan perhatian kepada mereka,” ujarnya
Ketua Komisi A ini mengakui, di Liponsos Kalijudan, bukan hanya dihuni anak-anak yang terbelakang mentalnya. Di asrama tersebut, juga ada anak-anak berprestasi dari keluarga miskin yang mendapatkan bea siswa bidik misi dari Dinas Sosial kota Surabaya.
“Memang di sana juga menampung siswa berprestasi, tapi mereka kan bisa mandiri. beda dengan yang punya keterbelakangan mental,” tuturnya
Namun demikian, Agustin mengapresiasi upaya pemerintah kota yang peduli dan perhatian terhadap anak-anak cacat tersebut. Di asrama “Vila Kalijudan” mereka mendapatkan berbagai macam ketrampilan.
“Ada seni lukis, handycraft, batik kemudian grup band. Sekolah luar biasa ada tapi belum maksimal,” jelasnya.
Untuk meningkatkan kualitas anak-anak tersebut, kalangan dewan berencana mengusulkan penambahan jumlah tenaga pendamping dan peningkatan gizi makanan mereka.
“Untuk makan 3 kali, sehari anggrannya cuma Rp. 15 ribu. Kan gak ada gizinya, sangat memprihatinkan,” tandasnya.
Menurutnya, anak-anak penghuni liponsos Kalijudan membutuhkan mutu pendidikan yang memadai. untuk itu perlu penambahan jumlah guru khusus, dokter, psikolog dan lainnya. Komisi D berencana memanggil asisten IV Sekota dan Dinas Sosial guna membahas masalah kebutuhan anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental yang tinggal di  Vila kalijudan 15.
“selama ini pendamping yang ada memang mempunyai keahlian khusus, tapi ke depan kita akan tingkatkan anggaran agar kebutuhan mereka bisa terpenuhi semua,” pungkas Agustin. (k4/r7)

Loading...