Produksi Mobil di Indonesia Melebihi Permintaan

Tidak ada komentar 113 views

Bandung, (DOC) – Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Rahmat Samulo mengatakan jumlah mobil yang diproduksi di Indonesia melebihi jumlah permintaaan.
“Di Industi otomotif sejak 2010 akhir, hampir seluruh maker, termasuk Toyota, meningkatkan kapasitas produksi, sehingga kapasitas yang terpasang saat ini jauh melebihi demand yang ada,” ujar Rahmat, Jumat (29/11/2013), di Bandung.
Dia menambahkan target penjualan mobil tahun ini yang mencapai 1,2 juta sudah termasuk dengan mobil Complete Built-UP (CBU).
Menurutnya dari total angka tersebut, jumlah mobil produksi dalam negeri yang terserap pasar diperkirakan sekitar satu juta unit. “Kalau semua maker ini memproduksi sesuai kapasitas, supply akan melebihi demand,” ujarnya.
Namun, Rahmat mengakui bahwa industri otomotif di Indonesia memang sangat menjanjikan. Sejak krisis global di 2009 market, angka penjualan mobil meningkat setiap tahunnya.
Dia cukup optimis target penjualan mobil di tahun ini dapat mencapai 1,2 juta unit, melihat hampir di setiap bulan jumlah penjualan mobil melebihi 100.000 unit, kecuali di bulan-bulan.
Selain itu, dia mengatakan saat ini konsumen sangat diuntungkan jika ingin membeli mobil. “Pertama karena supply yang besar sehingga banyak pilihan, lalu produsen mobil yang semakin agresif menawarkan produk,” ujarnya. (we/r4)