Program BPJS Kesehatan Setengah Hati

Tidak ada komentar 119 views

Surabaya,(DOC) – Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dijalankan pemerintah pusat, masih menyisahkan permasalahan. Fakta tersebut terbukti dalam dengar pendapat di Komisi D DPRD Surabaya, Selasa (7/1/2014).
Menurut Kepala Cabang BPJS Surabaya I Made Puja Yasa, yang berubah dengan jaminan kesehatan yang dulu adalah pada pembayarannya. Begitu juga dengan variasinya yang banyak sekali.
“Kita hanya melayani yang sudah terdaftar saja,” ujar I Made Puja Yasa.
Sementara untuk yang kategori anak jalanan serta masyarakat dengan status Tempat Tinggal Tidak Tetap (T4), yang menangani adalah Pemprov Jatim.
Terkait pasien rujukan dan masyarakat lain yang tak tertangani dengan baik, I Made Puja Yasa juga menjawab dengan keterangan yang sama.
Anggota Komisi D Yayuk Puji Rahayu, menanyakan, bagaimana kalau warga sudah membayar bulanan BPJS, tapi tidak mendapat ruang di Rumah Sakit (RS)? Seharusnya dengan kondisi seperti itu, BPJS juga harus bertanggung jawab, tidak hanya menerima iuran saja.
Semua itu terjadi lantaran program itu tak disosialisasikan dengan baik ke masyarakat. Karena tak bisa ditampik jika banyak masyarakat yang tak paham dengan program tersebut. BPJS masih belum mengcover seluruh masyarakat dengan berbagai kondisinya. “Artinya, hak masyarakat masih belum dipenuhi program tersebut”, tegas politisi perempuan asal partai Gerindra.(r4/r7)