Program XL-KU Optimis Sedot Pelanggan Baru

Tidak ada komentar 125 views

Surabaya, (DOC) – Program tarif murah dijadikan senjata bagi operator seluler mengakuisisi pelanggan baru. Seperti PT XL Axiata Tbk mengeluarkan program tarif XL-Ku yang dikatakan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini.

Dari program XL-Ku, operator yang sahamnya dimiliki Axiata Group ini meluncurkan 3 juta kartu perdana di area east atau Jatim, Bali, NTT dan NTB. “Dari 3 juta itu, setidaknya kami berharap bisa mendapat setengahnya atau 1,5 juta pelanggan baru,” ujar General Manager Sales Operation XL East 1, Desy Sari Dewi saat peluncuran tarif XL-Ku di Surabaya, Senin (03/12/2012).

Dikatakan Desy, kartu perdana baru tersebut 60 persen diantaranya diharapkan bisa terserap di Jatim. Selebihnya di area east 2 atau Bali dan Nusa Tenggara.

Program tarif XL-Ku bisa dinikmati dengan mengirimkan 1 SMS Rp299 yang bisa langsung mendapatkan gratis SMS sepuasnya ke semua operator. Sedangkan khusus pelanggan yang berada di Kota Surabaya, bisa menikmati tarif murah telepon Rp69 per menit ke sesama XL. Demikian juga untuk internet hanya dikenakan Rp1 per Kb.

Khusus Jatim, program tarif murah ini lebih banyak diminati di daerah tapal kuda. “Melihat pengalaman program Super Ampuh tahun 2011, program tersebut sangat diminati khususnya di daerah tapal kuda karena karakter di sana suka yang murah dan bonusnya banyak,” tambah Desy lagi.

Minat pelanggan, menurutnya memang masih banyak di core business yaitu SMS dan voice. Sedangkan data hanya banyak digunakan di kota besar, itu pun lebih banyak digunakan mengakses social media.

Meskipun XL-Ku dikhususkan bagi pelanggan baru, Desy tidak khawatir akan membunuh pelanggan lama. “Kami tentunya tidak akan mematikan existing. Ini terbukti dengan churn rate atau tingkat kartu hangus yang hanya 5 persen dibandingkan dengan pertumbuhan industri sebesar 30 persen,” tuturnya. Lagipula, operator juga tetap menyiapkan program untuk pelanggan lama. (k8/r4)