Proyek SPBU Pertamina Masih Jalan

Tidak ada komentar 287 views

Proyek SPBU di perumahan Pertamina yang masih jalan

Surabaya, (DOC) – Pembangunan SPBU di kompleks perumahan PT Pertamina di Ketintang Madya, sudah berkali-kali diberi tanda silang dan selalu dicopot atau dihilangkan tandanya. Bahkan pembangunan yang dikabarkan berhenti, ternyata masih berjalan. Ini sama saja Pertamina sangat cuek dengan teguran pemkot.

Pengerjaan SPBU yang sempat disidak Komisi C DPRD Surabaya dan dikatakan telah berhenti, ternyata masih berlangsung. Beberapa pekerja terlihat memasang konstruksi atap SPBU.

Masih jalannya proyek SPBU ini membuktikan jika regulasi yang dibuat Pemkot Surabaya, sangat lemah. Buktinya, walau tak memiliki izin lengkap, proyek itu tetap jalan. Bahkan pelanggaran yang dikenakan karena melanggar RTRW juga tak digubris sama sekali.

Padahal sudah jelas, dalam rekomendasi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada Pebruari 2012, menyatakan, jika SPBU itu tak boleh dibangun karena berada di zona pemukiman, bukan zona jasa komersil dan perdagangan. Bahkan warga sekitar juga menolak keberadaan SPBU Pertamina itu. Warga juga sudah menyampaikan protesnya ke Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, tapi tak ada jawaban dan SPBU itu tetap dibangun.

“Kita sudah melakukan sidak, saat itu memang tak ada pekerjaan di SPBU tersebut. Tapi kalau memang ada pekerjaan, informasi ini akan kami tindaklanjuti. Kalau memang sudah ditetapkan melanggar, kenapa harus diteruskan. Dalam hal ini, Pemkot Surabaya masih belum tegas dengan sikapnya alias abu-abu,” kata anggota Komisi C DPRD Surabaya Agus Sudarsono.

Sayangnya, pelanggaran yang dikenakan pada proyek itu hanya pelanggaran Bangunan karena SPBU itu dianggap tak memiliki IMB. Padahal, proyek itu diakui oknum di Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, sama sekali tak memiliki izin apapun. (co/r4)