PT ITS Tekno Sains Raih Juara Lomba Produk Inovasi Nasional

Surabaya,(DOC) – Perusahaan milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, PT ITS Tekno Sains meraih gelar juara 1 Lomba Produk Inovasi Nasional untuk kategori start up.

Gelar juara tersebut langsung diberikan oleh pihak Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam acara malam apresiasi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2018, pada Jumat(10/8/2018) malam di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Direktur PT ITS Tekno Sains, Dr Ir I Ketut Gunarta MT usai mengikuti malam apresiasi Hakteknas 2018 mengatakan, PT ITS Tekno Sains berhasil mendapatkan gelar juara tersebut atas produk unggulannya yaitu Automatic Identification System ITS (AISITS).

AISITS merupakan sebuah software sistem peringatan dini dalam dunia kemaritiman yang berhasil dikembangkan oleh ITS bersama Kobe University, Jepang. AISITS dapat menampilkan data secara real time sebuah peringatan dini jika kapal mendekati zona bahaya.

“Kemampuan AISITS memang luar biasa sekali, software ini menggabungkan layer kapal yang bergerak dengan fasilitas yang ada di bawah laut seperti pipa bawah laut ataupun kabel bawah laut,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan dan Pengelolaan Usaha (BPPU) ITS itu.

Sehingga dengan adanya AISITS ini akan dapat meminimalisir angka kecelakaan dalam dunia maritim. “Dan ini satu-satunya di Indonesia,” ujarnya.

Gunarta juga menambahkan selain keunggulan yang dimiliki oleh AISITS tersebut, gelar juara yang didapatkan oleh PT ITS Tekno Sains ini juga didasarkan atas nilai inovasinya. Mengingat memang tuntutan dari pemerintah khususnya Kemenristekdikti, menginstruksikan agar institusi pendidikan tinggi agar terus meningkatkan produk-produk inovatifnya untuk menghadapi era industri keempat. Selain itu, AISITS juga dianggap dapat mewakili semangat Hakteknas ke-23 ini yaitu dengan jargonnya Inovasi, Bangun Bangsa.

Bagi perusahaan yang baru didirikan pada tahun 2017, ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi PT ITS Tekno Sains. “Terdapat 57 perusahaan start up dari seluruh Indonesia yang mengikuti lomba dalam kategori ini, dan kami (PT ITS Tekno Sains, red) yang berhasil mendapatkan gelar juara tersebut,” tandasnya.(hadi/r7)