Puluhan Atribut Parpol Dipasang Melanggar

Tidak ada komentar 82 views

Surabaya,(DOC) – Penertiban alat peraga dan atribut kampenye partai politik yang dilakukan oleh Panitia Pengawas Pemilu(Panwaslu) kota Surabaya, Senin(3/6/2013) malam kemarin, berhasil mengamankan puluhan spanduk caleg, bendara dan baner parpol , yang dipasang di jalur terlarang. Tim Gabungan Panwaslu dibagi menjadi dua rute, yaitu kawasan Surabaya pusat dan Pinggiran kota.
Dalam penertiban diwilayah Surabaya pusat, dengan rute Jalan Kertajaya, Manyar Kertoarjo, Sulawesi, Raya Gubeng, Pemuda, Yos Sudarso, Tunjungan, Embong Malang, Blauran, Praban dan Gubeng, Panwaslu telah menyita puluhan bendera dan atribut kampanye parpol, yang isinya ajakan memilih parpol peserta pemilu.
Pemasangan atribut kampanye dijalur terlarang yaitu, 2 atribut parpol milik PKS dan Hanura, dijalan Kertajaya, di Jalan Embong Malang, bendera Partai Golkar bertuliskan Gesang Budiarso Caleg DPR RI dan Erick Reginal Tahalele Caleg Golkar kota Surabaya, yang dipasang di pohon. Disepanjang Jalan Tunjungan, puluhan bendera Partai Bulan Bintang, yang bertuliskan Wisnu Wardhana Mantan Ketua DPRD Surabaya dan alat peraga kampanye milik caleg Hanura, Gatot Sutantra.
Sardijoko Divisi Pengawasan dan Hubungan Lembaga Panwaslu Surabaya mengatakan, dengan pelanggaran yang sudah dilakukan itu, Panwaslu akan memberikan rekomendasi ke KPU, untuk segera menindak parpol yang melanggar, dengan sanksi administrasi atau pidana. “Rencananya sesudah penertiban alat peraga kampanye dilakukan, Panwaslu Surabaya akan menghubungi parpol yang dipastikan melanggar, untuk mengambil bukti pelanggaran yang mereka lakukan,” ujar Sardijoko.
Ia mengingatkan, kedepan jika parpol peserta pemilu masih melanggar, maka prosesnya sudah pidana dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara atau denda Rp 24 juta. (r7)