Puluhan Hektare Lahan di Gunung Lemongan Longsor

Tidak ada komentar 166 views

foto : hutan Lamongan Longsor

Lumajang,(DOC) –  Akibat intensitas hujan yang tinggi membuat puluhan hektare lahan di gunung Lemongan tepatnya di Kalipenggung Kecamatan Randuagung longsor.

Walaupun tidak menimbulkan korban jiwa, namun longsora yang terjadi merusak lahan garapan warga hingga beberapa hektar  di kawasan hutan produksi yang ditanami kopi, dimana letak geografisnya berada di bawah hutan lindung titik pusat terjadinya longsor tersebut.

“Banyak warga yang rugi,  tanaman kopinya tertimbun longsor, karena terdampak longsor diatasnya masuk kawasan hutan lindung,” kata Kamal Pasya salah satu relawan yang melakukan investigasi saat dihubungi via cellular, Senin(11/12/2017).

Menurutnya,  puluhan hektar hutan lindung yang saat ini dijadikan lahan sengon sehingga dalam masa penggarapan yang menggunakan pupuk tertentu menjadikan tanah gembur dan rawan longsor.

“Sudah lama itu, dan kondisi ini sudah kami laporkan ke pihak terkait, baik perhutani maupun kepolisian. Namun hingga saat ini belum mendapatkan respon, terkesan dibiarkan,” imbuh Kamal.

Dari hasil investigasi dari sejumlah relawan, penyebab utama dari terjadinya longsor ini karena adanya pembukaan kawasan hutan lindung untuk dijadikan kebun sengon.

“Kami sangat berharap agar longsor sulan tidak terjadi dan sampai menelan korban jiwa mengingat ratusan rumah warga berada pada kawasan tersebut, “Katanya. (mam/r7)