Puluhan Hektare Lahan Sawit Dibakar Warga

 Nasional

Lahan sawit yang dibakar warga

Aceh Tamiang (DOC) – Puluhan hektare tanaman kelapa sawit milik PT Desa Jaya di blok 13, Desa Alu Jambu, Kecamatan Banda Pusaka, , dirusak dan dibakar warga Desa Payah Genteng, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh.

Pembakaran tersebut dilakukan warga sejak Minggu, 7 Oktober lalu. Tak hanya membakar, warga menebang tanaman sawit dengan golok.

Supardi, warga Desa Payah Genteng menjelaskan, pembakaran lakukan karena tanaman karet milik warga yang juga ditanam di lahan yang sama dirusak karyawan perusahaan. Warga juga menuntut ganti rugi 15 kali lipat atas kerugian yang mereka alami. Dia mengatakan, warga akan tetap bertahan di lahan yang disengketakan tersebut.

Pemilik PT Desa Jaya, Tengku Ade menerangkan, sengketa lahan dengan lima desa sudah berlangsung cukup lama. Dia mengatakan, Manajemen PT Desa Jaya sudah berusaha melakukan mediasi dengan pemerintah. Bahkan, katanya, pihaknya sudah mengembalikan 600 hektare lahan kepada warga.

Tengku Ade menambahkan, pihaknya juga sudah berusaha mendekati dan menawarkan ganti rugi kepada warga terhadap tanaman karet yang tumbuh di lahan milik perusahaan. Namun, katanya, warga menolak usulan tersebut.

Menurutnya, perusahaan sudah memeperpanjang hak guna usaha (HGU). Sehingga, kata dia, semestinya sengketa lahan sudah selasai. Atas pembakaran lahan yang dilakukan oleh warga, Ade pun akan menempuh jalur hukum. Pasalnya, kata dia, warga yang melakukan perusakan dan pembakaran ternyata tidak tinggal di lima desa tersebut.(r3)