Puti Guntur Janji Benahi Sekolah Rusak

Tidak ada komentar 60 views

Jember, (DOC) – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno melanjutkan safari politiknya di Jember. Puti bersama tim pendukung mengunjungi madrasah yang rusak terkena angin puting beliung di Pondok Pesantren Al Mubarokah, Pakusari, Senin (12/3).

Gedung sekolah tesebut memang porak poranda akibat bencana yang terjadi 1,5  bulan lalu. Hingga kunjungan Puti kondisi masih memprihatinkan. Ada tiga ruangan kelas ambruk. Puing-puing bangunan masih terlihat. Kondisi itu membuat cawagub nomor urut 2 itu tidak bisa menyembunyikan rasa prihatinnya.

“Sarana, prasarana serta infrastruktur pendidikan seharusnya layak dan baik. Supaya para siswa dapat belajar dengan nyaman,” ujar Puti Guntur pada awak media di sela kunjungan.

Pasangan Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini mengatakan, pihaknya komitmen menaruh perhatian penting untuk urusan pendidikan. Paslon nomor 2 itu telah merancang pendidikan gratis dan Madrasah Diniyah Plus.

Puti Guntur menjelaskan, salah satu permasalahan pendidikan adalah kurang memadainya infrastruktur. Persoalan itu juga terjadi di pondok pesantren dan madrasah.

“Sehingga, Gus Ipul dan saya menyusun program peningkatan sarana prasarana sekolah dalam skala prioritas kebijakan, jika kami berdua terpilih dalam Pilkada Jawa Timur,” tandasnya Puti Guntur, Senin (12/3).

Dia kembali mengungkapkan keprihatinan ketika melihat bangunan sekolah yang terkena bencana. “Atapnya ada yang mau roboh. Saat hujan, airnya masuk,” cerita Puti Guntur.

Akibat ada kelas yang rusak, terpaksa para siswa harus bergantian ruang belajar dengan siswa dari kelas yang lain. Cawagub Puti Guntur berjanji akan mencarikan solusi untuk Pondok Pesantren Al Mubarokah yang roboh.

Bencana puting beliung menerjang madrasah itu membuat sebanyak 42 siswa terhambat proses belajarnya, karena 3 ruang kelas rusak.

“Kami akan mengurangi beban masalah di pondok ini,” kata Puti Guntur.

Rohmatullah, pengasuh pondok pesantren, mendampingi Puti Guntur dalam melihat-lihat kondisi bangunan dan ruang kelas. Dia berharap pemerintah turun tangan membantu.

“Sementara, kami tanggulangi dengan membuat sekat-sekat ruang kelas. Tapi tentu ini tidak membuat siswa nyaman. Apalagi, siswa kelas 6 sebentar lagi ujian,” ujar Rohmatullah. 

Dia berterimakasih karena Cawagub Puti Guntur Soekarno telah mengunjungi dan memberikan perhatian. “Kunjungan beliau menggugah batin kami. Semangat kami bangkit memberi pendidikan terbaik pada siswa,” lanjutnya. 

Rohmatullah mengaku, dalam membangun sekolah, pihaknya banyak terkendala pendanaan.”Apalagi, sekolah ini dibangun swadaya demi memberikan pendidikan terbaik bagi siswa di sini,” lanjutnya. (Nps)