Putus Diplomatik, Perhatikan Hubungan Ekonomi

Tidak ada komentar 112 views

Surabaya, (DOC) – Penyadapan terhadap Indonesia yang dilakukan Australia membuat kedutaan besar di negeri Kangguru itu harus ditarik. Menyikapi hal itu, Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan sangat mendukung upaya tersebut.
Menurut Gita yang merupakan salah satu dari 11 peserta konvensi Partai Demokrat, terkait masalah penyadapan terhadap Indonesia, merupakan bentuk atau aksi penghianatan yang tinggi. Hal itu harus ditindak tegas dengan cara apapun agar hal itu tak terjadi lagi.
Namun itu juga jangan sampai membuat bangsa ini terlena, tapi harus melakukan tindakan antisipasi karena jangan sampai kedaulatan bangsa kita terganggu.
Terkait masalah kedaulatan juga mencakup kedaulatan ekonomi. Pasalnya ada beberapa hal strategis dari kebutuhan negara kita yang masih tergantung hubungan dengan Australia.
“Hubungan ekonomi negara kita dengan Australia mencapai 6-11 miliar dollar dan hasilnya defisit. Ini karena kita mengekspor bahan baku, tapi setelah diolah di Australia, kita mengimpor barang jadinya. Ini yang menjadikan defisit. Jika hubungan diplomatik kita diputus dan ini menjadi ketegasan nasional, apakah bangsa kita sudah siap lepas dari ketergantungan tersebut?” tandas Gita Wirjawan.
Gita mencontohkan masalah importasi sapi yang membuat Indonesia masih ketergantungan dengan Australia. Padahal, kata Gita, Malaysia yang mengimpor dari India, justru menciptakan harga daging sapi murah di negaranya. Tapi kenyataannya, Indonesia bisa melakukan importasi sapi dari India.
Gita mendukung setiap pemerintah daerah yang melarang impor sapi dari negara lain, tapi syaratnya, pemerintah daerah itu harus bisa menstabilkan harga daging di wilayahnya.
Dari kekurangan yang ada itulah, maka harus impor untuk menjaga stabilitasi harga.
“Untuk itu, jika kita melakukan pemutusan hubungan diplomatik dengan suatu negara, maka harus melihat tentang keterkaitan ekonomi negara bersangkutan dengan negara kita. Jika kita sudah bisa mandiri, hal itu tak masalah,” beber Gita. (co/r4)