Quick Count Representasi Kekuatan Parpol

Tidak ada komentar 199 views

Jakarta, (DOC) – Proses pencoblosan pemilihan umum legislatif (pileg) 2014 telah dilaksanakan. Berbagai lembaga survei pun berlomba memaparkan siapa partai politik (parpol) pemenanag pileg.
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan hasil quick count (hitung cepat) merupakan representasi bagaimana peta kekuatan partai-partai politik di Indonesia pada pemilu legislatif tahun ini hingga keputusan resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Burhanuddin menambahkan, berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei yang dipimpinnya, peta kekuatan parpol pada pileg kali ini terbagi menjadi empat kelompok. “Kekuatan parpol terdiri dari kelompok pertama yaitu PDI Perjuangan dan Golkar. Kelompok kedua yakni Gerindra, Demokrat dan PKB, dilanjut dengan yang kelompok ketiga yang sering disebut partai papan tengah adalah PPP, PAN, NasDem, PKS dan Hanura. Sementara terakhir, partai yang terancam tidak masuk parliamentary threshold yakni PBB dan PKPI,” paparnya.
Berdasarkan hasil hitung cepat berbagai lembaga survei menunjukkan Partai PDI Perjuangan (PDIP) menjadi pemenang pemilu 2014 dengan kisaran angka 19 persen.
“PDIP memang berada di posisi pertama, namun dengan raihan suara yang tidak mencapai 35% membuat kemenangan PDIP ini tidak begitu istimewa. dengan kisaran kemenangan paling besar 20 persen suara, sulit bagi PDIP di parlemen mendukung pemerintahan andai Jokowi yang terpilih sebagai presiden. Dengan begitu, mau tak mau, PDIP harus menjalin koalisi termasuk di parlemen,” ucap Burhanuddin.
Sementara itu, sebagai partai baru, NasDem yang bercokol di posisi papan tengah dengan kisaran angka 6% dinilai oleh Philips Vermonte, peneliti di Centre for Strategic and International Studies, sebagai pembuktian NasDem adalah partai yang begitu kompak meski baru menjadi peserta pemilu tahun ini. “NasDem sudah bisa dipastikan akan meramaikan parlemen di Senayan. NasDem cukup baik di pemilu kali ini,” tutur Philips.
Philips menambahkan, catatan menarik lainnya dari hasil hitung cepat pileg 2014 ini adalah apa yang dialami oleh PKB . Pada awalnya partai yang dipimpin oleh Muhaimin Iskamdar diperkirakan akan kesulitan pasca meninggalnya Abdurrahman Wahid, ternyata mampu merangsek jauh keatas bahkan menempel ketat partai penguasa yakni Demokrat. (r4)