D-ONENEWS.COM

Raja Salman Akan Berkunjung Ke Indonesia Awal Maret

Jakarta,(DOC) – Penambahan quota haji untuk Indonesia akan bertambah dari 168 ribu menjadi 211 ribu jemaah. Kepastian ini disampaikan oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin dalam berbagai kesempatan.
“Saudi Arabia telah memutuskan penambahan kuota jamaah haji Indonesia pada haji tahun ini. Bahkan untuk Indonesia ada tambahan bonus quota 10 ribu jemaah lagi, sehingga total kuota haji Indonesia pada tahun 2017 sebesar 221 ribu,” ungkapnya, Minggu(22/1/2017).
Pernyataan menterri Agama RI ini, juga telah dipertegas lagi dengan Duta Besar Saudi Arabia Untuk Indonesia, Osama Mohammad Al-Syuaiby, saat berkunjung ke DPR RI, Selasa(17/1/2017) lalu.
Dalam kesempatan itu, Ia menyampaikan kabar dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, soal penambahan quota haji untuk Indonesia di tahun 2017.
“Raja Salman (Raja Saudi Arabia,red) akan berkunjung ke Indonesia pada awal Maret 2017. Beliau akan membawa para staffnya yang jumlahnya lebih dari 800 orang. Kunjungan ini merupakan bentuk perhatian dan penghormatan kerjasama terhadap Indonesia,” ungkap Osama.
Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menjelaskan, kunjungan Raja Arab Saudi ini bersifat historis, karena Raja Salman akan berada di Indonesia selama sepekan lebih. “Saya kira ini adalah kunjungan Kepala Negara ke Indonesia yang paling lama,” kata Fahri.
Sebelumnya, Pemerintah RI dan Saudi Arabia telah menandatangani kesepakatan kerjasama Aramco dengan Pertamina. Selanjutnya akan diikuti dengan kontrak kerjasama lainnya yang terjalin saat Raja Salman bin Abdulaziz  berada di Indonesia.
“Ada sejarah Indonesia terkait dengan Saudi Arabia yaitu pada awal kemerdekaan,  dimana Indonesia membutuhkan  pengakuan atas kemerdekaannya. Saat itu, KH Agus Salim bertolak ke Mesir dan Saudi Arabia untuk meminta dukungan sekaligus pengakuan. Luar biasa dan istimewa hasilnya, pemerintah Saudi Arabia waktu itu bukan saja mengakui Indonesia, tetapi langsung mengumumkan pengakuannya di Padang Arafah, saat jamaah haji dari berbagai penjuru dunia tengah berkumpul melaksanakan wukuf,” cerita Fahri Hamzah dengan semangat.
 
 

Loading...