D-ONENEWS.COM

Rapat Pleno Penetapan Hasil Pilgub Jatim, Tak Dihadiri Cawagub Emil Dardak

foto : Penyerahan Berita Acara Penetapan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Pilgub Jatim dari Ketua KPU Eko Sasmita ke Kohififah Cagub nomer urut 1

Surabaya,(DOC) – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim nomer urut 1, Khofifah Indar Parawansah dan Emil Elistianto Dardak akhirnya resmi di tetapkan sebagai pemenang Pemilu Gubernur Jatim pada 27 Juni lalu.

Penetapan ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Eko Sasmita, berdasarkan surat keputusan KPU yang menyebutkan bahwa Pasangan Khofifah – Emil Dardak memperoleh suara dukungan sebanyak 10.465.285 atau sekitar 55.55 persen.

“Dengan ini kami memutuskan bahwa pasangan calon dengan nomor urut 1 Khofifah-Emil Dardak merupakan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Terpilih tanpa gugatan,” kata Eko Sasmita saat membacakan surat keputusan KPU di salah satu hotel berbintang di kawasan jalan Basuki Rahmat Surabaya, Selasa(24/7/2018) malam.

Menurut Eko, setelah penetapan ini maka tugas KPU dalam menyelenggarakan Pilgub Jatim 2018 telah selesai dan proses selanjutnya menjadi ranah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kewajiban KPU Jawa Timur untuk menyelanggarakan Pilguh Jatim 2018 sudah selesai. Ditandai dengan penugerahan berita acara kepada Pasangan Calon Terpilih,” kata Eko.

Sementara itu, rapat pleno terbuka penetapan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim terpilih mulai dilaksanakan pada pukul 20.00 Wib, Selasa(24/7/2018).

Nampak Cagub Khofifah saja yang hadir tanpa di dampingi Cawagubnya Emil Dardak. Dikabarkan Emil berhalangan hadir karena harus mewakili Kabupaten Trenggalek pada acara Gelar Inovasi 40 Kepala Daerah di New York Amerika Serikat.

Begitu pula dengan pasangan calon nomor urut 2, Gus-Ipul Puti yang juga tak telihat dalam acara penetapan hasil Pilgub Jatim 2018 ini. Bahkan Ketua dan Sekretaris tim pemenangan dari Paslon nomer urut 2, Hikmah Bafaqih dan Sri Untari juga tidak nampak di area rapat pleno.

Acara Rapat Pleno Terbuka ini turut dihadiri oleh M. Roziki selaku Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Emil dan Beberapa elite Parpol pendukung dengan jargon “Wes Wayahe” ini pun nampak berada di lokasi.

Tiga orang Komisioner Bawaslu Jatim serta perwakilan dari KPU dari 38 Kab/Kota di Jawa Timur dan beberapa perwakilan ormas pun juga menjadi peserta rapat pleno ini.(rob/r7)

Loading...

baca juga