RAPAT PLENO TERBUKA, KPU JATIM SAMPAIKAN REKAPITULASI HASIL VERIFIKASI PARPOL

Anggota KPU Jatim, Bawaslu Jatim dan Sekretaris KPU Jatim dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kabupaten/ Kota Provinsi Jawa Timur (Minggu, 11/02/2018)

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) gelar Rapat Pleno Terbuka hari ini, Minggu (11/02). Rapat Pleno ini bertujuan untuk menyampaikan rekapitulasi hasil verifikasi partai politik calon peserta pemilu tahun 2019 tingkat Kabupaten/ Kota Provinsi Jawa Timur.

Sekretaris KPU Jatim, HM. Eberta Kawima mengungkapkan bahwa pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kabupaten/ Kota Provinsi Jawa Timur ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2018 Pasal 41. “Dimana menyebutkan KPU Provinsi melakukan rekapitulasi hasil verifikasi Parpol calon peserta pemilu melalui rapat pleno terbuka paling lama dua hari setelah menerima berita acara hasil verifikasi dari KPU Kabupaten/ Kota. Sehingga rapat pleno ini dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2018 ini,” jelas Wima saat menyampaikan laporan kegiatan (11/02/2018).

Sesuai dengan Pasal 41 tersebut, maka menurut Wima, KPU Jatim juga menghadirkan Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Timur (Bawaslu Jatim), yang pada kesempatan ini diwakili oleh Anggota Bawaslu Jatim, Aang Khunaifi dan Totok Hariyanto. Selain itu juga mengundang partai politik pada Rapat Pleno Terbuka ini.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito kembali mempertegas saat membuka Rapat Pleno Terbuka, jika kesempatan kali ini KPU Provinsi melaksanakan tugas rekapitulasi dari hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. “KPU Kabupaten/ Kota ini telah menyampaikan hasil rekapitulasi verifikasi faktual ke Provinsi pada tanggal 9 sampai dengan 10 Februari 2018,” tutur Ketua KPU Jatim.

Usai Rapat Pleno Terbuka dibuka oleh Ketua KPU Jatim, para Anggota KPU Jatim secara bergantian membacakan hasil rekapitulasi verifikasi parpol. Rapat Pleno yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini selesai pada pukul 12.05 WIB.

Suasana Rapat Pleno Terbuka

(AACS/TUNG)

KPU Jatim