RAPAT PLENO TERBUKA PENGUNDIAN NOMOR URUT: KHOFIFAH – EMIL NOMOR 1, SAIFULLAH – PUTI NOMOR 2

Masing-masing Pasangan Calon Menunjukkan Berita Acara Penetapan Nomor Urut dari KPU Jatim (Selasa, 13/02/2018)

Surabaya, kpujatim.go.id– Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) melaksanakan rapat pleno terbuka di Hotel Mercure jalan Raya Darmo Nomor 68-78 Surabaya, hari ini, Selasa (13/02). Agenda tunggal dalam rapat pleno terbuka, yakni pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon (Paslon) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

Rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman Paslon, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito dan didampingi empat anggota Komisioner yakni Muhammad Arbayanto, Gogot Cahyo Baskoro, Choirul Anam dan Dewita Hayu Shinta.

Hadir menyaksikan tahapan pengundian dan pengumuman paslon, di antaranya Ketua KPU RI, Arief Budiman, Ketua DKPP RI, Hardjono, Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Timur (Bawaslu Jatim), Muhammad Amin, serta dua anggota Bawaslu Jawa Timur Aang Khunaifi dan Totok Hariyanto, beberapa anggota DPR RI, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perwakilan TNI – Polri juga hadir.

KPU Jatim Menyerahkan Berita Acara Penetapan Nomor Urut Kepada Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Tahun 2018

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito dalam rapat pleno terbuka menyatakan, pihaknya sudah melakukan proses pendaftaran, penelitian, sampai proses perbaikan. Terakhir, 27 Januari 2018 lalu sudah melakukan tahap penelitian dari proses perbaikan persyaratan calon.

“Sebagaimana perintah Undang-Undang dan PKPU, KPU memiliki kewajiban melakukan pengundian nomor urut dan Kami lakukan hari ini. Selanjutnya, kami persilahkan kepada Bapak Arbayanto untuk membacakan tata tertib pengundian nomor urut pasangan calon,” ujarnya (13/02/2018).

Usai diserahkan pimpinan rapat pleno. Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto membacakan tata tertib pengundian nomor urut. Usai tata tertib dibacakan, proses pengundian dipandu langsung oleh pembawa acara yang mempersilahkan paslon maju dan naik ke atas panggung.

Selanjutnya, pembawa acara memanggil kedua calon Wakil Gubernur Jawa Timur yakni Emil Elestianto dan Puti Guntur Soekarno ke atas panggung guna mengambil nomor antrian pengambilan nomor urut. Sesuai kesepakatan saat rakor kampanye, barang siapa yang mendapat nomor paling tinggi berhak terlebih dulu mengambil nomor urut.

Hasilnya, calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto mendapat nomor 9 dan Puti Guntur Soekarno memperoleh nomor 7. Sesuai dengan kesepakatan, pasangan Khofifah – Emil berhak terlebih dulu mengambil nomor urut dan berikutnya pasangan Saifullah – Puti yang akan mengambil nomor urut.

Pembawa acara kemudian mempersilahkan kedua Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf naik ke atas panggung. Keduanya, diberi kesempatan untuk mengambil nomor urut yang disiapkan oleh KPU Jatim secara bergantian yang dimulai dari Khofifah dan dilanjut oleh Saifullah.

“Dalam hitungan ke-tiga nanti Kita buka bersama-sama, nomor urut yang sudah diambil oleh Bu Khofifah dan Gus Ipul,” terang Ana, pemandu acara pengundian nomor urut Pilgub Jatim 2018.

Dan akhirnya, dalam hitungan ke-tiga setelah nomor urut dibuka secara bersama-sama diperoleh hasil nomor urut 1 untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto dan nomor urut 2 diperoleh pasangan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno. Beriring dengan didapatkannya nomor urut, seluruh simpatisan dan pendukung yang hadir dari masing-masing paslin meneriakkan yel-yel selama 5 menit dengan memanfaatkan poster yang sudah dibawa dan disiapkan.

Kemudian, kedua pasangan calon baik nomor urut 1, Khofifah – Emil dan nomor urut 2, Saifullah – Puti diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan dan sekaligus orasi dihadapan pendukung dan peserta rapat pleno terbuka KPU Jatim.

(MC – TUNG/BIB/BAY)

KPU Jatim