D-ONENEWS.COM

Ratusan Genteng Palu Arit Diketemukan Disebuah Rumah Kuno

Lumajang,(DOC) – Warga dusun Krajan 1, RT-001/RW-002, desa Boreng, Kecamatan Lumajang digegerkan dengan penemuan ratusan genteng berlogo ‘palu arit yang mirip simbol PKI.
Kurang lebih 323 buah cetakan genteng berlogo ‘palu-arit’ ini, ditemukan disebuah bangunan kuno milik salah satu warga setempat yang sudah meninggal, (alm) Imam dan istrinya Supiani. Bangunan yang terlihat rusak itu sudah lama kosong ditinggal oleh penghuninya.
Kapolres Lumajang, AKBP Raydian Kokrosono mengaku heran atas penemuan ratusan genteng berlogo ‘palu arit’ ini, mengingat di wilayah hukum yang Ia pimpin tidak ada pengikut PKI.
“Di Lumajang saat ini tidak ada PKI. Itu bangunan sudah tua, ketemunya saat dibongkar, lalu dibersihkan. Jadi genteng itu tebal dengan tanah. Saat digosok baru kelihatan logonya yang mirip ‘palu-arit’,” kata Paur Subbag Humas, {olres Lumajang, Ipda Dimas Sugeng Widodo, menirukan statement Kapolrest Lumajang, ketika dikonfirmasi via seluler, Sabtu(21/1/2017).
Ratusan genteng tersebut kini diamankan oleh pihak kepolisian setempat. Polisi menduga genteng tersebut telah tersimpan lama  di bangunan tua tersebut dan kemungkinan juga hasil jual beli pada zaman dulu. Namun untuk memastikannya, sejumlah warga disekitar lokasi penemuan akan di mintai keterangan.
“Saat ini barang bukti kita amankan, kemudian ahli waris yang bertempatan kita sudah data dan tidak ada masalah. Dia pun tidak mengetahui akan genteng itu dan tidak ada kaitan dengan PKI. Terpenting dan perlu digarisbawahi, saat ini tidak ada yang harus dikhawatiri,” pungkas Ipda Dimas.(mam/r7)

Loading...

baca juga