Ratusan Perusahaan Akan Hengkang Dari Indonesia

Tidak ada komentar 153 views

Jakarta (DOC) – Wakil Sekretaris Umum Asosiasi Pengusaha  Indonesia (Apindno)  Franky Sibarani mengungkapkan, sebanyak 10 perusahaan asing memastikan berhenti berproduksi  serta memutuskan pindah produksi ke negara lain.  Bahkan  200 perusahaan saat ini sedang berfikir untuk mengikutinya.

Hengkangnya sejumlah perusahaan asing tersebut akibat pemerintah gagal memberikan jaminan dan kepastian hukum menyusul maraknya aksi demo oleh buruh yang berujung anarkis.

“Kita serius. bahkan bisa lebih 200 perusahaan,” kata Wakil Apindo Franky Sibarani, Kamis (8/11/2012).

Perusahaan yang hendak hengkang tersebut diantaranya PT Sepatu  Bata Tbk (Bata). Perusahaan itu mengancam bulan depan akan hengkang dari Indonesia apabila pemerintah gagal untuk menyelesaikan masalah buruh.

Perusahaan yang telah beroperasi selama 30 tahun di Indonesia, rencananya akan melirik negara Malaysia, Vietnam dan Bangladesh. PT Sepatu Bata tengah menunggu itikad baik Pemerintah Indonesia untuk memberikan jaminan hukum.

Perusahaan tidak masalah dengan aksi demo buruh yang menuntut kesejahteraan selama aksinya dilakukan dengan tertib dan tidak anarkis. Pengusaha juga tidak keberatan  untuk membayar gaji buruh dengan layak.

“Bagi kami tidak masalah upah tinggi tetapi bagimana menetapkannya”.

Namun aksi buruh yang kembali marak terjadi disebagian wilayah berujung anarkis. Pendemo melakukan sweeping dan penyanderaan, merusak fasilitas pabrik. Bahkan bagi pengusaha, aksi anarkis terkesan ada pembiaran. Namun demikian, pihak pengusaha tetap menunggu itikad baik pemerintah untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif. (K-4/kbr)