Rayakan Hari Kemenangan Bersama Pakde Karwo dan Gus Ipul

Surabaya, (DOC) – Puluhan ribu masyarakat merayakan hari kemenangan bersama Pakde Karwo dan Gus Ipul sapaan akrab Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. Merayakan dengan masyarakat Jatim ini sebagai perwujudan bagi seluruh umat muslim yang telah melaksanakan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan selama 1 bulan penuh di Masjid Nasional Al Akbar (MAS), Kamis (8/8/2013).
Pakde Karwo yang datang bersama Gus Ipul beserta keluarga, seusai acara langsung berbaur dengan masyarakat untuk bersilaturahmi dan berjabat tangan serta menebar senyum sekaligus untuk berfoto bersama. Hal ini dimaknai sebagai bentuk kedekatan antara pimpinan dan masyarakat.
Pakde Karwo berpesan pada hari yang fitri 1434 H ini, kita wajib kembali kepada posisi yang fitri. Makna paling dalam dari datangnya hari yang fitri adalah menjadi manusia yang bersih dan lebih dekat dengan Allah SWT. Selain itu, ke depan kita harus meningkatkan ketaqwaan serta lebih peduli kepada lingkungan sekaligus membantu masyarakat yang kurang mampu khususnya kepada anak yatim piatu. “Saya atas nama pribadi dan masyarakat Jatim mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin,” doa Pakde Karwo seusai sholat Idul Fitri di hadapan awak media.
Direktur Utama Masjid Nasional Al-Akbar Drs. H. Endro Siswantoro M.Si mengatakan, pelaksanaan sholat Idul Fitri ini di MAS memiliki daya tampung sebanyak 30.000 jamaah sesuai kapasitas masjid. Akan tetapi, pelaksanaan Sholat Idul Fitri ini juga ditempatkan diarea parkir sekitar masjid dan halaman luar/area paving yang dimaksimalkan dengan diatur secara baik sehingga daya tampung mencapai 60.000 – 70.000 jamaah.
Ia menuturkan, segala sarana prasarana seperti sajadah telah dalam keadaan suci dibersihkan. Sarana lain seperti air tempat wudlu, mimbar untuk khutbah, kamera monitor serta layar (screen) juga telah dipersiapkan jauh sebelum pelaksanaan sholat id hari ini. Untuk kenyamanan jamaah, MAS menyiapkan dokter dan petugas kesehatan yang stand by di ruangan dan berkeliling di area ibadah dan disiapkan sebanyak 4 ambulance.
Khutbah Idul Fitri 1434 H disampaikan oleh Prof. Dr. H. M. Ridlwan Nasir MA dengan tema Puasa Dapat Membentuk Manusia Yang Tangguh Dalam Meraih Butir-Butir Kehidupan Yang Bahagia. Dan bertindak selaku imam yakni H. Abdul Hamid Abdullah SH, M.Si (Imam Besar Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya).
Dalam khutbahnya, Prof Ridlwan Nasir menyampaikan bahwa manusia harus mensyukuri segala nikmat dari Allah dalam suasana kegembiraan dan kebahagiaan. Dengan mensyukuri segala nikmat tersebut merupakan titik tolak untuk merayakan perpisahan dengan tamu yang agung, karena kita telah berhasil menjalankan ibadah puasa Ramadan selama 1 bulan penuh.
Hari Raya ini, bukanlah semata-mata riang gembira, kesenangan dan berfoya-foya semata. Akan tetapi, harus mempunyai corak sendiri dan merupakan pencerminan rasa syukur terhadap Allah SWT. Hari suci seperti saat ini, dipandang sebagai hari peringatan hubungan antara Allah dan manusia (Hablum Minallah) dan hubungan antar manusia dengan manusia lainnya (Hablum Minannas). (hms/r4)