Rekanan Proyek Balai Pemuda Di Denda 80 Juta

Tidak ada komentar 120 views

Surabaya, (DOC) – Rekanan proyek renovasi gedung cagar budaya Balai Pemuda PT Pelita Jaya, harus rela terkena denda Rp. 80 Juta dari pemkot Surabaya, atas keterlambatan pelaksanaan pembangunan. Keterlambatan tersebut akibat perubahan design yang dilakukan oleh Pemkot berulang ulang, hingga akhirnya, kontraktor pelaksana diberi dispensasi waktu 50 hari lagi.
Disampaikan oleh Didik Advianto Direktur PT Pelita Jaya, tahap awal renovasi gedung Balai Pemuda, pasca kebakaraan adalah membuat atap baja terlebih dahulu, dengan nilai anggaran Rp. 1,4 milliar. Batas waktu yang diberikan pemkot, atas pengerjaan atap tersebut, yaitu akhir Januari 2013, bulan ini dan akan diserah terima-kan ke pemkot tanggal 8 Februari 2013 mendatang.
“saat ini atap sudah selesai pengerjaannya. Kemarin sempat molor karena design harus dirubah untuk kekuatan bangunan atap,”kata Didik, saat dialog dengan beberapa anggota komisi C DPRD Surabaya dilokasi proyek, Rabu(30/012013).
Didik menambahkan, perubahan design atap ini, memang awalnya usulan dari rekanan, dan pemkot menyetujuinya.
“Design atap pertama tidak begini. Lalu kita menjelaskan agar diberi kolom-kolom, dan akhirnya disetujui. Namun resikonya kita harus terkena denda 5 persen dari nilai proyek. Sekarang pembangunan sudah selesai tinggal tunggu serah terima,”imbuhnya.

Sementara itu, dalam sidak tersebut, Ketua Komisi C DPRD Surabaya Sachirul Alim Anwar menyatakan, molornya pelaksanaan sejumlah proyek ini, merupakan pelajaran bagi pemkot untuk membuat managemen perencanaan pembangunan yang lebih baik lagi. “target awal akhir tahun 2012, renovasi atap balai pemuda selesai, tapi karena ada hal lain, maka pelaksanaannya molor. Dengan kejadian ini kedepan harus ada managemen pembangunan yang baik,” katanya.
Gedung Balai Pemuda ditargetkan selesai akhir tahun 2013 dengan total nilai proyek Rp. 5 Milliar. Menurut Alim, panggilan akrabnya, saat ini proyek yang dilelang dan dikerjakan yaitu atap baja dan kemudian dilanjutkan interior bangunan.
“Interior Balai pemuda akan segera di lelang untuk dikerjakan. Anggaran pembangunan sudah tersedia dan diperkirakan akhir tahun 2013, gedung sudah bisa di gunakan masyarakat,” cetusnya.(R7)