Rekapitulasi Pilgub Jatim Digelar KPU Jatim Besok, Partisipasi Pemilih Meningkat

foto : Gogot Cahyo Baskoro jelaskan jumlah partisipasi pemilih Pilgub Jatim meningkat

Surabaya,(DOC) – Usai KPU Kabupaten/Kota se-Jatim selesai menggelar rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jatim 2018, terhitung sejak 7-9 Juli 2018, kini giliran KPU Provinsi Jatim yang melaksanakannya. Acara itu akan digelar KPU Jatim di hall Grand City Mall Surabaya pada 7 Juli 2018. Diharapkan jika tak ada kendala penghitungan itu bisa diselesaikan dalam waktu 1-2 hari.

Disampaikan Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, nampaknya penghitungan itu tak sampai memunculkan kendala yang bisa menyebabkan penghitungannya molor.

“Semua kendala yang terjadi saat pencoblosan, Alhamdulillah sudah bisa diselesaikan mulai tingkat PPK dan KPU Kabupaten/Kota. Memang ada beberapa kabupaten/kota yang menjalankan pemilihan suara ulang (PSU), seperti di Surabaya, Blitar dan Kediri. Kalau di Jombang hanya PSU untuk pilihan bupatinya saja,” kata Eko.

Melihat sedikitnya kendala, Eko mengapresiasi masyarakat Jatim yang sudah sadar dengan pelaksanaan Pemilu tersebut. Itu juga menunjukan jika partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak ini sangat tinggi.

Sementara Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan, partisipasi masyarakat dalam Pilgub Jatim 2018 dibanding 2013, meningkat. Saat ini, kata dia, tercatat ada 69,55 persen partisipasi masyarakat. Sementara pada 2013 hanya sampai 50 persen lebih.

“Kita berterima kasih kepada semua pihak yang mensukseskan pelaksanaan Pilgub Jatim, termasuk kepada rekan-rekan media. Melalui sosialisasi yang gencar kita lakukan untuk pendidikan kepada masyarakat, akhirnya bisa mengangkat partisipasi masyarakat,” aku Gogot.(rob/r7)