Rekayasa Lalu Lintas, Pasang Traffic Light

Tidak ada komentar 119 views

Surabaya, (DOC) – Dinas Perhubungan Kota Surabaya mulai, Jumat (26/7/2013) Pk. 09.00 WIB mengaktifkan dua traffict light baru di kawasan Gunung sari. Kadishub, Eddy saat mengikuti rapat paripurna DPRD Surabaya mengatakan pemasangan traffict light tersebut bertujuan untuk mengatur arus lalu lintas guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan.
Menurut Eddy, pemasangan traffict ligt untuk menghindari aksi potong memotong jalan yang dilakukan oleh para pengendara. Selama ini ia mengakui untuk mengatur arus lalu lintas di wilayah Gunung sari dilakukan warga sekitar. “Selama ini yang mengatur Pak Ogah,” katanya.
Namun, pola pengaturan lalu lintas oleh mereka yang kerap disebut “polisi cepekan” tersebut tidak berdasarkan pada kepadatan kendaraan.
“Mereka tidak lihat panjang antrian, tapi melihat siapa yang bayar itu yang didulukan,” papar Eddy.
Eddy mengungkapkan, pemasangan dua traffict light, masing-masing dilakukan di pertigaan Pusdikmar dan Hotel Singgasana. Ujicoba traffict light di sekitar kali Surabaya itu dilakukan selama satu minggu, selanjutkan akan disetting secara permanen.
“Setelah seminggu uji coba, kita setting terus,” tegasnya.
Mantan kepala UPTD Purabaya ini mengingatkan kepada para pengendara agar waspada di beberapa titik yang kondisi lalu lintasnya padat, seperti daerah Margomulyo, Mastrip (Kedurus), Sekitar Kebon Binatang dan Kenjeran. Pasalnya, di sejumlah kawasan tersebut, terutama wilayah Margomulyo dan Mastrip selama ini rawan laka lantas. (k4/r4)