Reni; Kelurahan Lain Harus Ikuti Lomba Gerak dan Lagu Mars IRIJ

Foto : Reni Astuti saat menyerahkan hadiah kepada pemenangan lomba gerak dan lagu 1R1J

Surabaya,(DOC) – Para Ibu – ibu pemantau jentik (Bumantik) di kawasan Wonokromo terlihat semangat mengikuti Lomba gerak dan lagu mars 1 Rumah I Jumantik(1R 1J), Sabtu(10/2/2018) .

Lomba yang dimotivasi oleh kepala Puskesmas Wonokromo ini merupakan inisiatif Kader Kesehatan yang didalamnya ada Bumantik atau Juru Pemantau Jentik (Jumantik) yang pada tahun 2015 lalu merebut juara pertama kategori Jumatik tingkat Provinsi Jawa Timur, mewakili kota Surabaya.

Lomba yang digelar di Jalan Pulo Tegalsari II, dianggap ajang bergengsi bagi masing-masing tim dari Rukun Warga(RW), meski hanya setingkat kelurahan.

“Lomba kita laksanakan bersama, semua panitia. Meski panitia kenal peserta namun penilaian seadil mungkin. Ini untuk sosialisasi 1R1J. Tiap rumah harus ada 1 Jumantik,” ungkap Ketua Panitia lomba, Iin Rohim.

Kompetisi yang diikuti 8 tim peserta, mewakili masing-masing RW se-kelurahan Wonokromo, mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Reni Astuti.

Dalam kesempatan itu, anggota Komisi D DPRD kota Surabaya menyatakan, lomba Gerak dan Lagu 1R1J ini baru di ketahui-nya digelar di tingkat kelurahan. Untuk itu dirinya berharap kelurahan lain bisa terinspirasi dengan mengikuti kegiatan serupa.

“Bisa diikuti dan menginspirasi kelurahan-kelurahan lain. Tadi saya sempat foto, share ke Kepala Dinas Kesehatan dan responnya luar biasa,” papar Reni.

Ia berpesan ke warga bahwa Surabaya dicanangkan sebagai kota sehat karena itu Pemkot terus berupaya memfasilitasi peningkatan derajat kesehatan jasmani dan rohani segenap warga kota dengan mengimplementasikan gagasan pengembangan kota yang sehat, bersih dan mandiri.

“Program ini tidak akan berhasil tanpa dukungan RT, RW, Jumantik, dan semua warga,” imbuh Reni.

Demam berdarah (DB), lanjut Reni, masih ada di Surabaya dan harus terus diwaspadai. Kendati Kota Pahlawan ini tidak masuk daerah Kondisi Luar Biasa (KLB) DB.

“Alhamdulillah tidak ada KLB DB, namun lomba yel-yel, gerak dan lagu ini akan menguatkan semangat Jumantik dan memunculkan kader baru,” pungkasnya.

 

Sementara itu, pada Lomba Gerak dan Lagu Mars 1R1J dimenangkan oleh RW IV sebagai juara 1, RW V sebagai juara 2, dan RW III sebagai juara 3.

Penilaian para juri dari Kader Pemberdayaan Masyarakat, Bagian Pemerintahan dan Otoda Pemkot Surabaya, serta unsur Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Surabaya, yakni pada teknik suara, harmonisasi suara, penjiwaan, ke kompakan dan penampilan sekaligus kostumnya.(rob/r7)