Resah Money Politik, Dukungan Salah Satu Kandidat Ketua Bertambah

Surabaya,(DOC) – Aksi money politik yang ditengarai dilakukan oleh salah satu kandidat Ketua, dalam Perebutan kursi Ketua Persatuan Advokad Indonesia(Peradi) cabang Surabaya, semakin menambah kekecewaan dan keresahan anggota Peradi yang tergabung dalam 8 organisasi profesi advokad di Surabaya.

Visi misi Peradi yang mulia, yaitu untuk menegakkan supremasi hukum, akan tercemari dengan aksi money politik tersebut.

“Jelas meresahkan, Karena Organisasi Peradi untuk membuat hukum dinegara ini menjadi baik, kok ada politik uang dalam Muscab Peradi. keresahan ini juga melanda sebagaian besar kalangan Advokad,”terang Edward Dewarudji, Humas dan biro Informasi IKADIN Surabaya, Kamis(23/5/203).

Ia menjelaskan, Agenda utama Musyawarah Cabang(Muscab) Peradi, Jumat(24/5/2013) besok, yaitu pemilihan Ketua Cabang, yang terdapat 4 kandidat ketua dari 4 organisasi profesi yang berbeda. 4 Kandidat tersebut, adalah, Setio Boesono Ketua Ikadin Surabaya, Syaiful Ma’arif Ketua AAI, Sunarno Edi Wibowo dari HAPI dan Henry Rusdijanto dari IPHI.

Menurut Edward, peluang money politik yang bisa dilakukan oleh salah satu Kandidat Ketua untuk menggalang suara, yaitu melalui uang pendaftaran Muscab dan uang transport.
“Peserta Muscab memang harus registrasi uang pendaftaran sebesar Rp.250 ribu. Ini yang menjadi peluang bagi salah satu kandidat untuk melakukan money politik. uang pendaftaran para pendukungnya akan dibayari dan pulang akan mendapat uang saku sebesar Rp. 250 ribu. Infonya, masing-masing pendukungnya dijatah Rp. 500 ribu,” jelas Pria yang aktif di LSM peduli anak ini.

Sementara itu, Dalam pemilihan Ketua Peradi Surabaya nanti, dukungan terbesar akan di raih oleh Setio Boesono Ketua IKADIN Surabaya. Berdasarkan Informasi yang berkembang, jumlah dukungan yang dikantonginya sampai saat ini sudah mencapai 500 suara, yang kesemuanya adalah anggota IKADIN SUrabaya. Kabarnya Jumlah dukungan tersebut akan bertambah, dari anggota organisasi advokat lainnya, diluar IKADIN. Aksi money politik malah memperkuat posisi Setio Boesono dalam meraih dukungan suara untuk memperebut kursi Ketua Peradi.(r4/r7)