Ribuan Rokok Milik Jemaah Haji Satu Keluarga Disita, Disimpan Didalam 4 Koper

foto : Ribuan rokok milik jemaah haji asal Bangkalan satu keluarga di sita PPIH Sukolilo

Surabaya,(DOC) – Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji Sukolilo, menemukan  sekitar 10 ribu batang rokok yang disembunyikan ke dalam 4 koper, milik satu keluarga dan tetangga Jemaah Haji asal Bangkalan Madura yang akan berangkat melalui Embarkasi Surabaya.

Ribuan batang rokok ini, langsung disita petugas PPIH saat melakukan pemeriksaan barang-barang bawaan, Para calon Jamaah Haji asal Bangkalan yang tiba di Asrama Haji Sukolilo, Sabtu(21/7/2018) pagi.

“Titipan untuk orang tua saya disana(tanah suci,red). Saya di titipi 2 slove ditas koper saya. Semua ada namanya dan tempat tujuannya. Saya gak tahu kalau ada larangan,” ungkap Hamsiyeh, salah satu pemilik koper.

Sementara itu, Mudjalli, panitia haji asal Bangkalan menyatakan, aturannya para Jemaah haji tidak boleh membawa rokok dan jamu dalam jumlah yang berlebihan. Namun faktanya masih banyak yang melanggar.

Ada dugaan, jika para Jemaah haji ini, dengan sengaja membawa rokok-rokok tersebut dalam jumlah banyak yang dititipkan ke dalam beberapa koper.

“Ini baru karena dilakukan satu keluarga. Barang ini diamankan di kantor agama tingkat provinisi, tapi nanti saya harus ketemu sama keluarga Jemaah yang akan mengambilnya. Kita akan kasih tahu bahwa membawa rokok berlebihan dilarang,” katanya.(hadi/r7)