Ronaldo Hat Trick, Portugal Imbang Lawan Spanyol 3-3

Jakarta,(DOC) – Pertandingan perdana di Grub B Piala Dunia antara Portugal melawan Spanyol berakhir imbang dengan skor 3-3. 

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo menjadi bintang lapangan setelah mencetak hat-trick di laga bergengsi yang berlangsung di Stadion Fisht Olympic, Jumat (15/6/2018) sampai Sabtu(16/6/2018) dini hari.

Dengan hasil tersebut, membuat tim juara Uero 2016 ini, masih terhindar dari kekalahan.

Pertandingan yang disiarkan langsung Transtv tersebut, Portugal unggul terlebih dulu lewat gol pinalty mantan winger Manchester United dimenit ke-4. Namun skor itu tak berlangsung lama, karena pada menit ke-24, Spanyol menyamakan kedudukan lewat gol Diego Costa.

Setelah itu, Ronaldo kembali membobol gawang David De Gea satu menit menjelang turun minum. Costa menyamakan skor pada menit ke-55, lalu Spanyol berbalik unggul lewat tendangan spektakuler Nacho Fernandez pada menit ke-58.

Saat pertandingan waktu normal tersisa dua menit, Ronaldo kembali memperlihatkan kebintangannya. Dia dengan sempurna memanfaatkan tendangan bebas di luar kotak penalti karena bola tendangan kaki kanannya bersarang di pojok kiri atas gawang Spanyol. De Gea hanya terpana melihat jala gawangnya bergetar.

Hasil ini membuat Portugal dan Spanyol berada di bawah Iran pada klasemen sementara Grup B. Mereka terpaut dua angka dari Iran yang menang 1-0 atas Maroko.

Selanjutnya, Portugal akan bertemu Maroko pada 20 Juni sedangkan Iran menghadapi Spanyol.

Spanyol mendominasi pertandingan karena nyaris unggul segalanya dalam hal statistik. Bukan cuma ball possession yang mencapai 63 persen, La Furia Roja juga membuat lima shot on target dan 6 shot of target. Bandingkan dengan Portugal yang melakukan tiga shot on target.

Terlepas dari dominasi Spanyol itu, Portugal memperlihatkan efektivitas permainan. Ronaldo menjadi tokoh protagonis karena tiga tembakan on target miliknya membuahkan gol.

Ini membuat Ronaldo untuk sementara memuncak daftar sementara top scorer Piala Dunia 2018. Mantan winger Manchester United ini pun sudah mengoleksi enam gol Piala Dunia dan dia selalu mencetak gol sejak Piala Dunia 2006, 2010 dan 2014 sehingga dia sejajar dengan sejumlah legenda yaitu Uwe Seeler, Pele, dan Miroslav Klose.

Tak hanya itu, Ronaldo secara total sudah mencetak gol dari delapan turnamen antarnegara secara beruntun atau sejak Piala Eropa 2004. Dia menjadi pemain pertama yang bisa melakukannya.

Di sisi lain, hasil imbang ini terbilang debut yang manis bagi Fernando Hierro sebagai pelatih Spanyol. Minim pengalaman internasional, dia langsung menjadi nakhoda La Furia Roja dalam laga bergengsi melawan juara Eropa di pentas Piala Dunia.

Hierro ditunjuk menjadi pelatih satu hari sebelum kick-off turnamen empat tahunan ini. Dia menggantikan Julen Lopetegui yang dipecat karena sepakat mengikat kontrak  dengan Real Madrid.(bkc/r7)