RSAL Pesan Albiondi Untuk Serka Siswandi, Tangan Buatan Ini Karya Mahasiswa Undip

foto : tangan buatan Albiondi karya mahasiswa Undip

Surabaya,(DOC) – Seorang anggota Marinir TNI AL, Serka Siswandi mendapat hadiah tangan bionic (tangan buatan) yang diberi nama albiondi dari Rumah Sakit Angkatan Laut(RSAL) Dr. Ramelan Surabaya, Kamis(30/11/2017) kemarin.

Selama ini, Serka Siswandi telah kehilangan kedua tangannya akibat terkena ledakan.

Kepala Rumah Sakit RSAL Dr. Ramelan Surabaya, Laksma I Dewa Gede Nalendra, mengatakan, albiondi ini merupakan rakitan para mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Jawa Tengah, yang memiliki 14 fungsi motorik.

“Digerakan melalui otot tangan melalui perintah syaraf otak. Albiondo ini baru pertama kali di rakit di Indonesia,” jelas Laksma I Dewa Gede.

Kwalitas Albiondi, lanjut dia, tak jauh berbeda dengan produk hand bionic asal Inggris dan Amerika. Bahkan tangan buatan karya mahasiswa Undip ini lebih fleksibel.

“Dikerjakan selama 2 tahun dan kwalitasnya sama dengan buatan Inggris – Amerika. Tingkat fleksibiltas albiondi ini juga lebih unggul,” paparnya.

Sementara Rifki Ismail, Ketua Pusat Riset Byonic Undip, menyatakan, Albiondi akan diproduksi secara massal dengan harga yang mudah terjangkau masyarakat.

“Kalau Albiondi yang digunakan Serka Siswandi, satu tangan harganya seratus juta-an. Nanti kita produksi lebih murah lagi,” ungkapnya.(hd/r7)