D-ONENEWS.COM

Saber Pungli Tangkap Tiga Pejabat Pemkot Batu

Tim Saber Pungli saat menangkap pejabat pemkot Batu.

 
Batu, (DOC) – Tiga pejabat Pemkot Batu ditangkap tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli). Ketiga pejabat Pemkot Batu ini ditangkap Kamis (24/8/2017) malam dan saat ini masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Batu.
Ketiga pejabat Pemkot Batu yang ditangkap ialah NW yang berdinas di Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang.
“Ada dua orang lain, sementara ini diamankan. Mereka PNS dengan dinas yang sama (Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan),” kata Kepala Bidang Operasi Saber Pungli Pusat (Kemenkum Polhukam), Brigjen Pol Widianto Poesoko di Mapolres Batu Jalan Bhayangkara, Jumat (25/8/2017).
Widianto mengaku, ketiga PNS Pemkot Batu itu ditangkap bersamaan dalam satu tempat, kemarin malam dengan barang bukti uang tunai Rp 25 juta.
“Ketiganya diamankan bersama dalam satu tempat,” tegas Widianto.
Menurut dia, penanganan masih berjalan dengan melibatkan Unit Saber Pungli Kota Batu di ruang Satreskrim Polres Batu. Ketiga oknum menjalani pemeriksaan terkait dugaan pungutan terhadap kontraktor.
“Pemeriksaan masih berjalan di ruang Reskrim oleh Unit Saber Pungli Kota Batu juga. Sampai saat ini belum ada tersangka,” terangnya.
Widianto enggan membeberkan secara detil ketiga terduga yang kini diamankan serta peran mereka masing-masing dalam kasus pungli itu.
“Belum, masih dalam penanganan,” tuturnya.
“Kita ada laporan dari masyarakat ke Jakarta, ada potongan dan masih dipungut. Lalu kita lakukan penyelidikan dari pukul 10 pagi sampai diamankan tadi pukul 19.00 WIb,” tambah Widianto.
Pungutan liar dalam kasus ini diambil dari pelaksana proyek GOR Gajah Mada. Proyek itu senilai Rp 25 miliar. Dari tangan NW, Tim Saber Pungli Pusat dan Unit Saber Pungli Kota Batu menyita uang tunai Rp 25 juta serta satu unit mobil Grand Livina.
“Kita sita uang Rp 25 juta, ini masih akan diklarifikasi belum ada penetapan tersangka,” tegas Widianto.
Hingga kini, Pemkot Batu belum memberikan tanggapan mengenai penangkapan oknum pejabatnya oleh Tim Saber Pungli. Berulangkali dihubungi melalui telpon selulernya, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko tak memberikan tanggapan, begitu juga dengan Plt Sekda Pemkot Batu Achmad Suparto.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga