Salurkan KUR Untuk UKM

Tidak ada komentar 86 views

Jakarta,(DOC) – Kredit Usaha Rakyat (KUR) tercatat telah tersalurkan hingga Rp 97,6 triliun kepada sekitar 7,6 juta koperasi dan UKM di seluruh Indonesia dalam lima tahun terakhir. “Sejak diluncurkan pada akhir 2007 sampai 31 Desember 2012, secara kumulatif realisasi penyaluran KUR oleh bank pelaksana mencapai Rp97,6 triliun kepada 7,6 juta UKM,” kata Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan di Jakarta, seperti yang dikutip dari Kementrian Koperasi, Selasa (12/2/2013).

KUR merupakan fasilitas pembiayaan yang dapat diakses oleh UMKM dan Koperasi terutama yang memiliki usaha yang layak namun belum bankable. Maksudnya adalah usaha tersebut memiliki prospek bisnis yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan.

Ia mengatakan, fakta itu menunjukkan dana KUR telah berhasil diakses oleh jutaan pelaku KUKM untuk meningkatkan kapasitas usahanya. Sepanjang 2012 KUR telah terserap sebesar Rp 34,3 triliun atau melampaui target 2012 sebesar Rp30 triliun.

“Selanjutnya kami terus melaksanakan program pendampingan KUR yang bekerja sama dengan berbagai pihak sebagai upaya agar target KUR pada 2013 ini sebesar Rp36 triliun bisa tercapai,” katanya.

Pihaknya mengklaim sosialisasi KUR telah berjalan dengan baik dan optimal meskipun ada sejumlah masyarakat yang mengaku belum mengerti soal KUR di beberapa daerah. “Jadi sosialisasi KUR yang dilaksanakan dengan ragam kegiatan bervariasi dan menggunakan media audio visual, cetak, dan tatap muka berjalan baik. Peran Pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota dalam melakukan sosialisasi di wilayahnya meningkat,” Pungkasnya. (K8/R7)